Ribuan Warga Toraja Hadiri Ibadah Natal dan Syukur Tahun Baru IKT Mimika

Ribuan Warga Toraja Hadiri Ibadah Natal dan Syukur Tahun Baru IKT Mimika

Timika,TabukaNews.com

Ikatan Keluarga Toraja Kabupaten Mimika (Anggota PMTI)  menggelar ibadah perayaan Natal bersama yang dirangkaikan dengan ibadah syukur awal Tahun 2022. Ibadah digelar di Gedung Tongkonan, Sabtu (22/1) yang dihadiri ribuan warga Toraja yang ada di Mimika.
Ibadah natal yang mengangkat tema ‘Cinta Kasih Kristus Yang Menggerakkan Persaudaraan’ dan sub tema ‘Kasipulungan Umpotete Kaboro’na Puang’

Ibadah Natal dipimpin oleh Pastor Edward, SCJ dan dihadiri Bupati Mimika, DR (Cand) Eltinus Omaleng, SE MH, Sekretaris PMTI Dating Palebangan, Ketua IKT Provinsi Papua Edy Rantetasak, Ketua IKT Mimika Yusuf Rombe, para tamu undangan serta tua-tua Toraja.
Bupati Mimika Eltinus Omaleng dalam sambutannya mengatakan Natal kali ini mengingatkan umat untuk saling mengasihi dengan segenap hati.

“Karena kita telah digerakkan oleh kasih Kristus untuk menjadi saudara bagi sesame terutama yang berada dalam kesulitan,” ujarnya.

Kabupaten Mimika kata Bupati Omaleng adalah miniature Indonesia. Masyarakat dari berbagai suku, agama dan ras hidup berdampingan. Untuk itu ia mengajak seluruh lapisan masyarakat termasuk warga Toraja untuk bersatu, meningkatkan toleransi, kehidupan beragama dan saling mengasihi agar bisa menjadi saksi dan berkat bagi Mimika.
Suku Toraja yang dikenal dengan adat dan budayanya yang kuat diharapkan Bupati Omaleng terus memelihara warsan leluhur yang tetap terpelihara yaitu sifat ramah, sopan, rendah hati dan pekerja keras. “Kita percaya bahwa dengan bersikap baik akan mendatangkan banyak berkat bagi kita maupun generasi kita kedepan,” katanya.
Pada momen tersebut, Bupati Mimika memberikan kado special kepada IKT Mimika berupa bantuan anggaran dari Pemda Mimika sebesar Rp 1 miliar untuk rehabilitasi Gedung Tongkonan. “Sudah dianggarkan lewat Badan Kesbangpol pada Tahun 2022 ini,” tegasnya.
Bantuan itu diberikan, karena Bupati melihat fungsi Gedung Tongkonan yang tidak hanya terbatas bagi masyarakat Toraja tapi juga sangat membantu masyarakat Mimika yang melakukan berbagai kegiatan. Sehingga beberapa fasilitasnya butuh pembenahan.
Selain bantuan Pemda Mimika, Bupati Eltinus Omaleng dan keluarganya juga juga secara pribadi memberikan sumbangan dana lewat penggalangan melalui natura. Tidak hanya Bupati, masyarakat Toraja secara urunan juga memberikan donasi.
Sementara itu Ketua IKT Mimika, Yusuf Rombe sangat terkesan dengan antusiasme warga Toraja yang hadir memadati Gedung Tongkonan. Menurutnya, ini sebagai bentuk sukacita natal yang dirasakan oleh masyarakat Toraja dan menjalin kebersamaan.
Sebelum ibadah perayaan natal, Pengurus IKT dan Panitia Natal diungkapkan Yusuf Rombe juga menggelar kegiatan berbagi kasih kepada warga Toraja yang membutuhkan. Kegiatan ini digelar sebelum natal pada Desember 2021 lalu.
Ketua Panitia, Herman Tangkepare mengungkapkan kegiatan perayaan natal bisa terlaksana karena adanya dukungan penuh dari masyarakat Toraja baik secara pribadi maupun persekutuan. Dimana 44 persekutuan lingkup IKT memberikan donasi masing-masing Rp 1 juta. Kemudian donator dari keluarga yang mencapai Rp 298.700.000. “Kami berterima kasih kepada seluruh donatur yang sudah membantu,” tandasnya. (**)

Idul Fitri 1 Syawal 1443 H

dprd kabupaten mimika
keluarga johannes rettob
bpkad kabupaten mimika
kesbangpol kabupaten mimika
perhubungan kabupaten mimika
dprd kabupaten mimika
tanaman pangan kabupaten mimika
pendapatan daerah kabupaten mimika
tp-pkk kabupaten mimika
kampung nawaripi

Tentang Kami

Memberikan informasi yang benar karena kami Berpihak Pada Kebenaran yang Jernihnya Nyata