Main Area

pesparawi xiii

Main

Ribuan Warga Suku Kei di Timika Nyatakan Dukungan ke OMTOB

         Ribuan Warga Suku Kei Nyatakan Dukungan ke OMTOB / Foto : Dok Tabukanews.com

TIMIKA, TABUKANews.com - Ribuan   masyarakat Key  Timika menyatakan dukungannya ke Pasangan Calon Bupati dan Wakil Bupati, Eltinus Omaleng SE MH dan Johannes  Rettob SSos MM. Wujud dukungan itu dengan menggelar  acara pertemuan akbar yang berlangsung di Gedung Tongkonan, Selasa (8/5) pada pukul 14.00 WIT.

Sebelum pertemuan akbar dimulai para tua-tua adat dan tokoh dari Key, Maluku Tenggara di Kabupaten Mimika mengadakan upacara adat untuk menerima  Calon Bupati Eltinus Omaleng sebagai calon bupati yang telah meminang putra Key,  kelahiran Kokonao dan besar di Ipaya ini sebagai calon Wakil Bupati Mimika periode 2018-2023.

Ribuan warga Key yang memadati di dalam gedung maupun di luar Gedung Tongkonan mengeluk-elukan OMTOB dengan meneriakan yel yel OMTOB Menang.. OMTOB Pimpin Mimika jilid II. Mereka menyatakan warga Key Mimika siap memenangkan OMTOB dan siap mengawal proses dan tahapan pilkada mulai sekarang sampai hari pemilihan, penghitungan suara, pengumuman hasil hingga pelantikan bupati dan wakil bupati terpilih.



Pada sapaan pembukaan, Calon Bupati Mimika, Eltinus Omaleng mengucapkan terima kasih kepada masyarakat Key yang ada di Timika yang menyatakan dukungan ke dirinya dan wakilnya John Rettob. Eltinus menceritakan awal meminang John sebagai pendampingnya saat beberapa kali berkunjung ke pedalaman. Dia mengakui, Pak John menyatakan kesediaannya diatas pesawat saat kembali dari kunjungan di pedalaman ke Timika.

Orang Mimika, kata Eltinus harus tahu sejarah kalau orang Mimika baik Amungme maupun Kamoro bisa sekolah dan bisa jadi orang hebat karena jasa dan pengabdian guru-guru Key.  Guru-guru dari Pulau Key datang membuka sekolah di Timika dan mendidik anak-anak pesisir dan anak-anak gunung. Jasa para pahlawan dari Key ini harus orang Mimika hargai dan kita junjung tinggi mereka.  Penghargaan itu bisa dalam bentuk memberikan kesempatan kepada anak-anak Key untuk berkarya di pemerintahan maupun di sektor swasta di daerah ini.  Dirinya memilih wakilnya John Rettob tidak saja soal dia sosok yang hebat, cerdas, dan berkepribadian baik, tapi dia adalah Putra asal Key kelahiran Kokonao. Dia itu orang Key dan juga orang Kamoro.      

“ Pertama saya tanya dia siap kah, dia bilang siap. Saya tidak tahu apakah waktu itu dia mengerti yang saya tanya atau tidak. Mungkin yang dia jawab itu siap untuk pimpina Dinas Perhubungan dan Infokom waktu itu. Tapi seiring dengan perjalanan waktu, saat kembali dari pedalaman dengan pesawat kami dua duduk sama-sama di belakang saya tanya lagi dia apakah mau untuk jadi pendamping nanti, dia jawab mau. Jadi kami dua sepakat ini bukan di darat tapi diudara diatas pesawat,” kata Eltinus yang disambut dengan dengan tepukan tangan dari warga Key Timika.

Eltinus mengatakan, dirinya memilih John Rettob karena dia pribadi yang baik, cerdas, berkepribadian bagus, bekerja tanpa mengenal lelah dan penuh tanggungjawab untuk memajukan sektor perhubungan, maupun pekerjaan-pekerjaan lainnya yang dipercayakan oleh lembaga lain diluar sana.

“ Sebelum meminang Pak john saya tanya dulu ke semua orang di Timika dan mereka merekomendasikan Pak John yang terbaik saat ini,” kata Eltinus.

Eltinus menceritakan selama pemimpin Mimika tiga tahun dan Pak John sebagai Kepala Dinas Perhubungan dan Infokom waktu itu, ada banyak hal yang sudah mereka kerjakan. Mereka sudah bangun 6 lapangan terbang (lapter) di pedalaman, membangun terminal bandara baru. Selain itu ada program pengerukan dan pelebaran sungai (Kali) IPA menuju Kokonaa (Distrik Mimika Barat). Kemudian ada beberapa ruas jalan dalam kota, jalan ke pemukian warga, dan juga jalan menuju Tembagapura dan Aroanop. Masih ada juga program yang lain yang dikerjakan oleh OPD-OPD lainnya pada masa pemerintahan Eltinus Omaleng selama tiga tahun.

“Kalau kami berdua dipercayakan masyarakat Mimika untuk pimpin Mimika lima tahun kedepan ini kami akan bangun Mimika mulai dari kampung, distrik, kelurahan dan kabupaten. Kampung ada dana desa (DD) juga ada dari kabupaten yakni Angggaran Dana Desa (ADD), kelurahan ada dana stimulan yang 2018 ini mengalami kenaikan.  Jika Omtob pimpinan Mimika semua akan diperhatikan. Penguatan-penguatan kelembagaan termasuk paguyuban-paguyuban, organisasi kemasyarakatan (Ormas),  partai politik (Parpol)  akan diperhatikan,” terang Eltinus.
 
Sedangkan Calon Wakil Bupati, John Rettob mengatakan dirinya adalah Putra Key kelahiran Kokonau dan besar di Ipaya. Kakek dan ayahnya datang ke Mimika terutama wilayah Mimika Bagian barat sejak awal tahun 1900.  Dirinya tidak hanya lahir di tanah Mimika Barat, tapi memiliki Fam Kamoro.  

Dengan acara adat berarti masyarakat Key telah menerima Eltinus Omaleng  sebagai sebagai calon bupati dan tokoh berpengaruh di Mimika. John mengakui, Eltinus telah meminta dirinya sebagai calon wakil bupati sejak beberapa bulan setelah dilantik menjadi bupati pada perode lalu. Kemudian pertengahan 2017 baru dirinya memberi jawaban jelas dirinya bersedia mendampinginya sebagai calon wakil bupati.

John mengajak seluruh warga Key di Timika untuk rapatkan barisan memenangkan pasangan OMTOB sebagai bupati dan wakil bupati pada 27 Juni mendatang. Dirinya berpesan kepada seluruh masyarakat Key bersatu, solid dan kompak membangun Mimika kedepan nanti. Dirinya bersama Pak Eltinus jika terpilih akan memprioritaskan pembangunan dengan melibatkan semua paguyuban-paguyuban dari Sabang sampai Merauke yang ada di Timika termasuk Paguyuban Suku Key.  “ Saya mau sampaikan, Omtob sudah didukung oleh paguyuban dari Sabang  sampai Merauke, termasuk juga  Suku Key. Apalagi saya ini Orang Key yang kelahiran Kokonao (Kamoro). Jadi orang Key harus dukung penuh Omtob,” ajak John.

Usai sambutan, Eltinus dan John menyanyi bersama lagu  “Jangan Salah Menilaiku” yang diringi oleh organis yang juga salah satu masyarakat Key.  Acara juga diisi dengan tarian-tarian dari kelompok ibu-ibu dari Key serta, dan menyanyikan lagu-lagu dari daerah Key dan Mimika. (tim)

 

 

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika