Main Area

Pelantikan dprd mimika

Main

Ribuan Masyarakat Ramaikan Karnaval Budaya Di Mimika

Timika, Tabukanews.com - Ribuan siswa-siswi tingkat SD, SMP, SMA/SMK dan puluhan paguyuban atau kelompok masyarakat dan instansi Pemerintah tutut memeriahkan karnaval budaya yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika di halaman Gedung Graha Eme Neme Yaware (ENY), Sabtu (11/8).



Para peserta dari tingkat, SD, SMP, SMA/SMK tampak menggunakan berbagai pakaian tradisional dari Sabang hingga Merauke, tak ketinggalan paguyuban paguyuban menampilkan tarian khas masing-masing daerah.



Khusus paguyuban masyarakat Mimika, tampak membawa panah dan menggunakan atribut perang lainnya. Teriakan teriakan khas masyarakat pun terdengar. Moment ini tampaknya ditunggu tunggu masyarakat, sehingga tampak masyarakat merekam di HP ataupun mengadakan siaran langsung melalui sosial media.



Ribuan penduduk kota Timika tumpah ruah di sepanjang jalan yang dilewati. Tampak masyarakat terutama anak anak bergembira menyaksikan para peserta karnaval.



Sementara itu untuk pengamanan jalannya karnaval budaya, pihak Kepolisian menurunkan sebanyak 340 Personil Polres Mimika.


Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto mengatakan, ratusan personel ini ditempatkan dua rute titik jalan yang dilalui peserta karnaval. 



Untuk tingkat TK, SD dan SMP melalui Jalan Belibis, Yos Sudarso, Cenderawasih dan Budi Utomo. Sementara tingkat umum, mulai SMA, Paguyuban, BUMN, BUMD, OPD, TNI-Polri, dan Swasta rute yang dilalui Jalan Budi Utomo, Hasanuddin, Yos Sudarso dan Belibis.


"Dari jumlah personil tersebut, 100 orang kita tempatkan dititik kumpul yang menjadi start dan finis karnaval budaya nusantara, yakni sekitar Graha Eme Neme Yauware dan Lapangan Timika Indah," kata kapolres, Sabtu (11/8).


Kapolres juga menyampaikan permohonan maaf kepada pengguna jalan, khususnya para pengendara karena arus lalulintas sedikit terganggu sehingga dilakukan rekayasa lalulintas oleh Sat Lantas Polres Mimika.


Namun pihaknya bangga dan memberikan apresiasi kepada masyarakat, dimana animo dalam memeriahkan peringatan HUT RI ke 73 sangat besar.



 "Ini hal yang luar biasa dan kami sangat apresiasi karena masyarakat ikut ambil bagian dan berpartisipasi dalam memperingati HUT RI ke 73" kata Kapolres

 

 

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika