Resmi Dibuka, TIFA Bakal Jadi Event Nasional Tahun Depan

Resmi Dibuka, TIFA Bakal Jadi Event Nasional Tahun Depan

Timika,TabukaNews.com

Event Timika Inside Festival of Art (TIFA) yang diinisiasi oleh komunitas Seni Amuta Wapuri Noken Star Papua Indonesia ditetapkan sebagai agenda tahunan setelah dilaksanakan sebanyak dua kali pada tahun 2019 dan 2022.

Event ini pun dikabarkan bakal dijadikan event nasional oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) di tahun 2023 mendatang.

Hal ini disampaikan Wakil Bupati Kabupaten Mimika, Johannes Retob melalui sambutannya dalam pembukaan TIFA Part II yang berlangsung di Graha Eme Neme Yauware Timika, Jumat (6/5/2022).

"Terima kasih banyak buat Kemenparekraf yang telah menetapkan kegiatan ini menjadi event tahunan. Kalau kegiatan ini tiga kali kita buat, akan ditetapkan  menjadi kegiatan nasional. Kita berdoa agar kita dapat melakukan ini dengan baik tiga tahun berturut-turut pada waktu yang sama dan kemudian kita buat menjadi event yang besar," kata Wqbub John.

Wabup Retob menuturkan event TIFA merupakan wadah yang bertujuan positif  mendorong dan meningkatkan kreativitas anak muda di Papua khususnya di Kabupaten Mimika.

"Saya harap kegiatan ini bisa melibatkan semua dan dipublis dengan baik sehingga kemudian bisa diikuti oleh semua kelompok-kelompok seniman yang mau meningkatkan kreativitasnya guna mendorong event ini menjadi event nasional," ucapnya.

Dia juga berharap kegiatan ini dapat menarik kunjungan para turis dan tamu-tamu dari luar Mimika agar memberikan dampak yang baik pula bagi pembangunan di Kabupaten Mimika.

"Dengan begitu  kita dapat  multi play effect yang terjadi, hotel-hotel penuh, pesawat terbang penuh, Makanan penuh, transportasi bisa jalan, ekonomi UMKM kita berkembang. Ini yang harus kita kembangkan," terangnya.

Di samping itu, mewakili Pemerintah Kabupaten, Wabup Retob mengakui bahwa dalam event ini peran Pemda belum terlihat secara penuh.

"Tetapi ke depan, saya yakin bahwa kita akan buat event ini menjadi event Pemerintah Kabupaten. Bila sudah menjadi event Pemerintah Kabupaten, artinya bahwa kita sudah berjuang bersama mendatangkan orang ke Mimika untuk menyaksikan event ini," kata Wabup Retob.

"Kita harus dukung event ini agar bisa berkembang pesat dan terpublis kemana-kemana, kemudian kita semua yang ada di Mimika dapat terkena dampaknya. Yang pasti dampak ekonomi yang positif," imbuhnya.

Lebih lanjut Wabup Retob dengan penuh harap mengundang seluruh masyarakat di Indonesia untuk hadir mengikuti TIFA Part III tahun depan.

"Saya juga mengundang dan mengajak seluruh masyarakat di Indonesia untuk datang tahun depan menyaksikan event ini di Mimika," pungkasnya. (**)

Idul Fitri 1 Syawal 1443 H

dprd kabupaten mimika
keluarga johannes rettob
bpkad kabupaten mimika
kesbangpol kabupaten mimika
perhubungan kabupaten mimika
dprd kabupaten mimika
tanaman pangan kabupaten mimika
pendapatan daerah kabupaten mimika
tp-pkk kabupaten mimika
kampung nawaripi

Tentang Kami

Memberikan informasi yang benar karena kami Berpihak Pada Kebenaran yang Jernihnya Nyata