Main Area

bayar pajak daerah
pesparawi xiii kab mimika
PON XX Papua

Main

Reses di Dapil Dua Elminus Berupaya Mendorong Harapan Warga di APBD Perubahan

Timika, TabukaNews.com - Ketua Komisi C DPRD Mimika Elminus B Mom menggelar Reses Tahap Satu Tahun 2021 dengan mengunjungi warga di RT 20 RW 05 Kelurahan Otomona, Distrik Mimika Baru,  Kamis (8/4). Warga antusias menyampaikan harapan mereka demi kepentingan pembangunan yang diperlukan warga.

Di antaranya warga meminta peningkatan infrastruktur jalan lorong-lorong masuk pemukiman warga di sepanjang Jalan Pendidikan, pembangunan jembatan di Jalur 3 yang menghubungkan Jalan Pendidikan  dengan Jalan Serui Mekar, pembangunan saluran drainase, pembenahan instalasi listrik oleh PLN di mana tiang listrik masuk ke pemukiman warga hanya sekedar menggunakan kayu yang terlihat sudah lapuk.

Serta warga juga meminta bantuan bagi Posyandu yang telah berjalan swadaya selama bertahun-tahun. Termasuk memperlengkapi sarana pra sarana kesehatan untuk ibu dan anak serta lansia. Dan ada juga aspirasi tentang pembenahan pasar.

Selain itu ada juga warga mengadukan tidak mendapat bantuan sosial selama ini. Warga meminta Disdukcapil melakukan pemutakhiran data sehingga bansos itu dapat merata dan tepat sasaran diterima warga. Pemutakhiran data ini juga dengan maksud warga bisa ikut berpartisipasi dalam agenda Pemilu di depan.

Terhadap aspirasi warga ini, Elminus Mom mengungkapkan pihaknya tidak biasa hanya janji-janji politik. Namun akan berusaha untuk mendorongnya masuk dalam APBD Perubahan tahun ini atau di APBD tahun depan sehingga aspirasi kebutuhan warga itu bisa terjawab.

Elminus Mom Ketua Komisi C DPRD Mimika asal Partai Gerindra itu menambahkan, yang menjadi kendala pemerintah tidak mengakomodir Pokir Dewannya adalah masalah wabah global Covid-19, yang tidak memungkinkan pembangunan infrastruktur digalakkan oleh pemerintah. Refocusing dana untuk penanggulangan Covid-19 membuat anggaran terbatas menjawab kebutuhan utama warga lainnya seperti yang sudah diungkapkan warga siang itu.

Dalam aspirasi warga ada juga sorotan kinerja pemerintah dalam pelayanannya terhadap warga serta menyoroti anggaran besar APBD pemerintah yang dinilai belum sepenuhnya menyentuh kebutuhan warga. 

Sorotan lainnya terhadap Program Otonomi Khusus (Otsus) Papua, yang diminta warga dapat memberdayakan masyarakat asli bukan sekedar pembangunan insfrastruktur yang seakan jauh dari pemenuhan kebutuhan warga asli Papua.

Dalam Reses itu, Elminus Mom turut  memberikan bantuan sembako bagi warga konstituen yang hadir. (Dzy)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika