Main Area

Main

Regu Jaga Saat Kejadian Tahanan Gantung Diri Dikenakan Sanksi Disiplin

Wakapolres Mimika Kompol Arnold Korowa, SH. MH/ Foto: Ricky Tabukanews.com

Timika, Tabukanews.com - Wakapolres Mimika Kompol Arnold Korowa, SH. MH menegaskan regu piket pada saat kejadian tahanan gantung diri akan dikenakan sanksi disiplin karena kalau dalam melaksanakan tugas.

"Apa yang terjadi mereka wajib bertanggung jawab tentang itu dan langsung diperiksa dan dimintai keterangannya," kata Wakapolres saat ditemui di Sentra Pelayanan Polres Mimika Kompol Arnold Korowa. SH. MH, Selasa (16/10).

Ia menjelaskan, kelalaian yang terjadi merupakan pembelajaran bagi semua personil Kepolisian yang melaksanakan kedinasannya selama 1X24 jam agar selalu bertanggungjawab.

Ia mengakui regu jaga yang melaksanakan tugas pengamanan pada malam tersebut telah melaksanakan tugas dengan baik, hanya saja kejadian yang terjadi diluar dari kemampuan personel yang ada.

"Ini juga sebagai pembelajaran bagi mereka dan warning bagi yang lain supaya dia melaksanakan tugas kedinasan tetap bertanggungjawab. Artinya kita sudah bekerja tapi itu diluar kemampuan kita itulah yang tidak bisa kita hentikan dan sudah terjadi," jelasnya.

Pasca kejadian tersebut. Personel yang melaksanakan pengamanan telah diperiksa oleh Seksi Profesi dan Pengamanan Polres Mimika. Mereka nantinya akan dikenakan sanksi disiplin baik kenaikan pangkat dan mutasi.

"Mereka diperiksa dan dikenakan sanksi disiplin dan proses tetap jalan, mereka satu regu jaga ada Sabhara, Reskrim, Intel termasuk perwira, itu semua karena kelalaian saja," terangnya.

Ia juga menyayangkan tidak ada pemberitahuan langsung kepada pihak kepolisian terhadap korban yang nekad dalam melakukan percobaan bunuh diri.

"Kemudian kejadian itu terjadi pada jam kecil, kemudian kita tidak mendapatkan informasi awal dari keluarga kalau korban ini punya tipikal nekad," tuturnya. (Rfl)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika