Main Area

pesparawi xiii

Main

Realisasi PAD Disnak Mimika Tahun 2018 Melampaui Target

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Mimika, Yosefin Sampelino/Foto: Istimewa

TIMIKA, TABUKANews.com - Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Mimika di tahun 2018 lalu berhasil mencapai pendapatan asli daerah (PAD) sebanyak Rp. 703.000.000.

Kepala Disnak dan Keswan Mimika, Yosefin Sampelino saat ditemui di Jalan Yos Sudarso, Rabu (16/1) mengatakan, bahwa pendapatan tersebut berasal dari beberapa sektor, diantaranya sektor rumah potong babi Rp. 272.860.000, Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) Rp. 25.000.000, rumah potong unggas skal kecil Rp. 5.995.500, dan PAD dari UPTD ternak babi di SP 6 sebesar Rp. 400.100.000.

“Target kami untuk tahun 2018 kemarin sebesar Rp. 500 juta, namun Puji Tuhan, bisa melewati target, yakni Rp. 700 juta lebih, yang mana itu terhitung sejak Januari-Desember, dan hasilnya kami sudah setor langsung ke kas daerah pada tanggal 30 Desember kemarin,” tuturnya.

Ia menjelaskan, bahwa pihaknya tidak mau terlalu gegabah mematok pendapatan yang harus dicapai dalam setiap tahun anggaran kerja, karena tidak mau menanggung resiko apabila pencapaian tidak sesuai dengan target.

“Lebih baik kita patok segitu, dan hasilnya melewati target yang ada, daripada kita yang kena imbasnya disaat pendapatan tidak sesuai dengan target yang ada,” ungkapnya.

Menurutnya, salah satu sektor memang yang menjadi unggulan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Mimika di tahun 2019 ini, adalah UPTD ternak babi yang ada di Kampung Naena Muktipura, SP 6 Distrik Iwaka.

“Anak babi yang kita punya itu dijamin unggul, karena berasal dari bibit yang unggul. Makanan dan minuman terjamin, serta dijaga oleh pegawai yang memang ahli dalam menangani ternak babi. Jadi bagi warga Mimika yang mau beli anak babi, kami siap melayani. Harganya pun masih terjangkau,” imbuhnya. (Tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika