Main Area

bayar pajak daerah
pesparawi xiii kab mimika
PON XX Papua

Main

RDP Terkait Kebijakan One Way Jalan Budi Utomo, Ini Kesimpulannya.

Timika, TabukaNews.com - Rapat Dengar Pendapat (RDP) DPRD Mimika Komisi C dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Mimika membahas kebijakan ‘Satu Arah / One Way Jalan Budi Utomo’. RDP digelar di aula serbaguna Kantor DPRD Mimika Jalan Cenderawasih, Senin 19 Juli 2021.

Usai memimpin rapat, Wakil Ketua 2 DPRD Mimika memberikan kesimpulan, dengan turut didampingi Wakil Ketua 1 DPRD Mimika Aleks Tsenawatme serta Ketua Komisi C Elminus Mom dan Wakil Marthinus Walilo.

Kesimpulan rapat yang dibacakan pria yang akrab disapa Jhon Thie itu di antaranya, Kebijakan One Way di Jalan Budi Utomo dipersilahkan untuk dilanjutkan, demi tujuan perubahan yang membawa dampak baik bagi perkembangan daerah Mimika.

Selanjutnya DPRD meminta Dinas Perhubungan dan Dinas Pekerjaan Umum untuk turut menyelesaikan permasalahan kemacetan yang marak terjadi akibat penerapan one way Jalan Budi Utomo, yaitu pembenahan median jalan di sepanjang Jalan Yos Sudarso serta meningkatkan infrastruktur jalan alternatif seperti di Jalan Perintis dan Jalan Leo Mamiri.

Konsen utama rekomendasi dewan di antaranya membuka kembali perempatan yang menghubungkan Jalan Serui Mekar dan Jalan Bhayangkara, dengan membuat mini bundaran untuk mencegah kecelakaan lalulintas serta membuka median jalan di depan masuk jalan Agape samping Hotel 66, membuka median jalan di depan Jalan Patimura serta titik lainnya yang dibutuhkan. Hal ini untuk membenahi kemacetan yang terjadi di ruas-ruas jalan selain jalan Budi Utomo yang kini langgeng.

Jhon Thie Wakil Ketua 2 DPRD Mimika asal PDI Perjuangan itu menambahkan, OPD teknis diminta untuk menangani kenaikan harga jasa transportasi ojek, akibat jarak tempuh yang semakin panjang mengantar penumpang. DPRD merekomendasi dikeluarkannya aturan mengenai harga tarif ojek per satuan besaran kilometer dan dipublikasikan lewat media.

Dalam RDP juga diwarnai aksi walk out Sekretaris Komisi C Saleh Al-hamid. Aksi di ujung RDP itu sebagai bentuk kekecewaan dengan alasan apa yang diperjuangkannya selaku perwakilan dari masyarakat yang mengingkan kebijakan satu arah / one way Jalan Budi Utomo dicabut, tidak masuk dalam kesimpulan RDP. Sementara Ketua Komisi C Elminus Mom sebelumnya telah menyerahkan penuh kepada Pimpinan DPRD untuk menyimpulkan RDP itu.

Selain pimpinan dan para anggota DPRD Komisi C, turut hadir dalam RDP, Kepala Dinas Perhubungan Mimika Jania Basir, Kepala Dinas PUPR Mimika Robert Mayaut, Kasatlantas Polres Mimika Iptu Devrizal, Ketua Organisasi Angkutan Darat (Organda) Mimika Dahlan Penggeng beserta jajaran. (Manu)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika