Main Area

pesparawi xiii

Main

Ratusan Pencaker Serbu Loket SKCK

Ratusan Pencaker Serbu Loket SKCK /Foto: Tim

Timika,TabukaNews.com - Sentra Pelayanan Kepolisian Resort (Polres) Mimika, dua minggu belakangan ini dibanjiri masyarakat khususnya pencari kerja (pencaker) yang berurusan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) sebagai salah satu syarat mendaftar lowongan pekerjaan. 

Pantauan awak dilapangan tampak terlihat antrian masyarakat memadati ruang pelayanan Surat Keterangan Catatan Kepolisian di Mapolres Mimika, Rabu (12/2/20).

Firman misalnya dari salah satu pendaftar yang mengantri mengatakan, bahwa dirinya sengaja datang ke polres mimika untuk mengurus Surat Keterangan Berkelakuan Baik untuk mendaftar sebagai karyawan Perusahaan yang mana sutar tersebut merupakan salah satu persyarat utama untuk pendaftaran menjadi karyawan di perusahaan tersebut.

”Saya mau urus SKCK karena ada penerimaan di perusahan, karena ini salah satu syarat yang dilampirkan dengan surat lamaran dan yang lainya,” ujar pria yang sudah dua kali mengurus surat SKCK itu. 

Kasat Intel Polres Mimika AKP Sudirman saat ditemui di ruang kerja mengatakan, sampai saat ini sudah rayusan pencaker yang yang datang hampir rata rata di bagian pelayanan untuk mengurus SKCK.

”sudah ua minggu terakhir ini kepengurusan SKCK meningkat setelah ada pembukaan lowongan kerja yang kami tahu itu di YPMAK, “ Tutur Sudirman.

Lanjutnya lagi, tujuan pengurusan SKCK ini untuk mengetahui rekam jejak seseorang apa dia pernah terlibat dalam tindak pidana kejahatan atau tidak, dan merupakan juga salah satu persyaratan bahwa orang tersebut berkelakuan dengan baik selama dalam hidupnya.

Pelayanan SKCK ini masih mengunakan sistim manual, selanjutnya pihak kepolisian Polres Mimika siap melayani kapan saja karena itu sudah tugas kami sebagai kepolisian melayani dengan setulus hati.

Peningkatan kepengurusan SKCK ini menurut KAsat Intel dalam sehari bisa mencapai 100 hingga 150 orang yang datang, dan yang terlihat ini ada yang baru mengurus dan ada juga yang datang untuk mengamnbil. 

“Jadi ini telihat biasa saja, hanya karena bertepatan dengan pembukana lowongan kerja jadi pembuat SKCk meningkat, ” jelasnya. 

Ditambah untuk pelayanan akan dilakukan secara maksimal walupun petuga ssedikit namuan tetap melayani dengan sepenuh hati, ketika disingung soal ketersediaan blangko, sudirman mengatakan bahan baku blangko untuk pembuatan SKCVK di polres Mimika aman bahlkan lebih dari cukup untuk pertengahan tahun ini. (tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika