Main Area

Main

Raker I PB PON Sub Mimika, Kesuksesan PON Tergantung Panitia dan Pemkab

Foto bersama pengurus KONI Pusat, dan Forkopimda Kabupaten Mimika usai pembukaan Rapat Kerja (Raker) I/ Foto: Ricky Lodar/Tabukanews.com

 Timika, Tabukanews.com - Panitia Besar Pekan Olahraga Nasional (PN PON) XX tahun 2020 Sub Mimika menggelar Rapat Kerja (Raker) I dengan agenda pemaparan peran masing-masing bidang dalam penyelenggaraan pesta olahraga lima tahun tersebut, Raker tersebut berlangsung di Hotel Horison Ultima ruang Puncak Cartenz Pyramid, Sabtu (29/6).

Hadir dalam Raker I tersebut diantaranya, Wakil I Ketua Umum Koni Pusat Bidang Pembinaan Prestasi Olahraga dan Bidang Pembinaan Organisasi Mayjen TNI (Purn) Suwarno, S.Ip., M.Sc, Wakil I Ketua Bidang Pembinaan Organisasi Eman Sumusi, Wakil I Ketua Bidang Pembinaan Prestasi Andre Paranoan, M.Pd, Ketua Harian Koni sekaligus  Mimika Cesar Avianto Tanya, serta Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkompimdah) Kabupaten Mimika.

Ketua Koni Mimika Cesar Avianto Tunya dalam laporannya mengatakan, Raker I yang di gelar PB PON XX tahun 2020 sub Mimika merupakan raker pertama setelah adanya beberapa rakor yang dilakukan yang mana pada saat itu dihadiri oleh Bupati Mimika Eltinus Omaleng, SE. MH selaku Ketua PB PON Sub Mimika, setelah dilantik oleh Gubernur tahun 2016 silam.

"SK Panitia PB PON Sub Mimika sudah dilantik pada 25 Juli 2016 dan ada beberapa rakor yang telah kita lakukan pada tanggal 1 Juli 2018, pada tanggal 9 April 2019," kata Cesar.

Untuk memberi semangat kepada panitia PON Sub Mimika, Cesar menjelaskan, ada beberapa point penting yang disampaikan Ketua Umum PB PON Sub Mimika yang harus dilakukan oleh panitia, baik mempersiapkan fasilitas PON, menyiapkan sarana prasarana, serta menggalang dukungan dari masyarakat dari sisi kebersihan kota dan masalah keamanan. Point-point tersebut yang menjadi perhatian bersama sehingga dilakukan Raker I

"Ada beberapa point yang beliau sampaikan disitu, kebersihan, keamanan dan kesiapan dari OPD terkait jadi kami diminta untuk segera mengambil langkah-langkah, sehingga kita dapat melaksanakan kegiatan (Rakor)," jelasnya.

Ia juga menambahkan, pelaksanaan Rakor bersumber dari anggaran APBD senilai Rp 300 juta, setelah ada proposal yang diberikan kepada Pemkab Mimika

"Untuk sumber dana dalam kegiatan ini bersumber dari APBD  sebesar Rp 300 juta," tambahnya.

Pada kesempatan yang sama, Penjabat Sekda Mimika Drs. Marthen Paiding, M. MT dalam sambutannya mengatakan, kegiatan raker I merupakan suatu rangkaian dalam mempersiapkan rencana kerja PON di Papua terlebih khusus di Mimika berdasarkan SK yang dikeluarkan okeh Menpora nomor: 0110 tahun 2014 tanggal 2 April tentang Provinsi Papua menjadi tuan rumah PON XX dan instruksi presiden RI nomor 10 tahun 2017 tentang dukungan penyelenggara PON di Provinsi Papua.

"Hari ini kita hadir disini untuk mengikuti rapat kerja I PB PON Sub Mimika merupakan suatu rangkaian kerja untuk mempersiapkan rencana kerja pada PON yang dilaksanakan di Provinsi Papua dan Kabupaten Mimika," kata Marthen.

Menurutnya, tujuan dilakukan raker tersebut gua menjelaskan tugas pokok yang akan dikerjakan, garis koordinasi sebagai panduan untuk menyukseskan PON untuk kalster Mimika agar lebih terarah.

"Raker hari ini menentukan garis kebijakan sebagai pedoman sukses PON XX klaster Mimika," terangnya.

Oleh sebab itu, dirinya berharap semua yang terlibat dalam kepanitiaan agar boleh mengikuti raker tersebut mulai dari awal hingga akhir, sehingga bisa mendapat gambaran tentang apa yang harus disiapkan dan dikerjakan sesuai bidangnya.

"Diharapkan dari kegiatan ini adalah mendapat gambaran terkait hal-hal yang akan dilakukan pada masing-masing bidang," harapnya.

Wakil I Ketua Umum Koni Pusat Bidang Pembinaan Prestasi Olahraga dan Bidang Pembinaan Organisasi Mayjen TNI (Purn) Suwarno, S.Ip., M.Sc dalam sambutannya mengatakan, keberhasilan PON tergantung dari panitia yang terbentuk dan melaksanakan tugas sesuai bidang masing-masing, niscaya penyelenggaraan PON di Mimika berjalan lancar dan ada kesuksesan yang diraih baik dari panitia dan atlet.

"Oleh sebab itu akan kita jelaskan tupoksi, sehingga ada gambaran teknis terkait tugas pokok yang ajan dikerjakan masing-masing bidang," harapnya. (Jrl).

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika