Main Area

Main

Raja Ohoi Faan Akui John Rettob Putra Keturunan Raja

Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob/Foto : Dok Tabukanews.com

Langgur,TabukaNews.com –  Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob  atau sapaan akrab John Rettob,  memiliki silsilah keturunan raja, sehingga di dalam tubuh mengalir darah raja dan kapitan.

Pernyataan tersebut disampaikan raja Ohoi Faan Maluku Tenggara, Patris Renwarin dalam sambutannya pada acara syukuran pelantikan Eltinus Omaleng dan Jhohn Rettob (OMTOB) Rabu (30/10) di Ohoi Faan Maluku Tenggara.

Raja yang membawahi ratschap lorlim tahit ini secara singkat mengisahkan raja keenam Vovot Renwarin menikah dengan Watmul Ohoiwutun dari Debut keduanya dikaruniai 10 orang anak,  tujuh pria dan tiga perempuan. Anak kesembilan (perempuan) kawin dengan Kelyoar Kebubun selaku Kapitan Faan. Kemudian dari perkawinan Keloyar hingga turunan keempat lahir John Rettob.

Ia mengatakan, atas restu dari leluhur dan berkat Tuhan, pada tanggal 6 September 2019. Dimana, pada hari itu jam yang sama terjadi tiga peristiwa istimewa, Jhon Rettob dilantik sebagai Wakil Bupati Mimika, Bernadus Rettob dilantik sebagai Plt Sekda Malra, dan Pastor Ferry Renwarin diwisuda di Surabaya.

"Tiga moment ini yang patut disyukuri, apalagi mereka bertiga ini kakak beradik. Ini semua terjadi karena restu leluhur dan berkat Tuhan," tuturnya.

Menutur Patris Renwarin, dengan kedatangan Jhon Rettob di Ohoi Faan sebagai tempat asal leluhur mereka ini merupakan suatu kebanggaan tersendiri karena walaupun lahir besar di luar tetapi tidak melupakan adat istiadat tanah kelahiran leluhur.

"Banyak anak yang diluar lupa identitas Kei. Tapi saya bangga bapa John meski sudah generasi kelima di Papua tapi masih ingat Kei," tuturnya.

Acara Syukuran OMTOB

Dari pantauan acara syukuran diawali dengan misa yang berlangsung di paroki St Lodovikus Faan wilayah Keuskupan Kei Kecil yang dipimpin pastor Yanuarius Oratmangun. Dalam kotbahnya pastor Yan menyinggung tentang sejarah penginjilan yang dilakukan orang tua dari Jhon Rettob yaitu Caspar Rettob sejak tahun 1929. meminta agar dalam mengemban amanat masyarakat itu, JR atau Jhon Rettob diharapkan tetap rendah hati seperti santa Faustina.

Misa dimulai pukul 17.00 WIT hingga 19.00 WIT. Acara selanjutnya ramah tamah yang berlangsung di halaman rumah Plt Sekda Malra, Bernadus Rettob di ohoi Faan.

Pada kesempatan itu, John Rettob dalam sambutannya mengatakan, dirinya bangga karena kesan warga Mimika yang datang ke Kei sangat positif.

"Saya sudah ketemu bapak walikota dan wakil bupati sampaikan tentang kedatangan kami. Saya datang dengan 400 orang, semuanya memberi kesan positif tentang Kabupaten ini," tuturnya.

Terkait hal itu John Rettob menyampaikan terima kasih atas dukungan dari semua pihak sehingga kegiatan berlangsung lancer, sekalipun lahir di papua tepatnya di kokonau pada generasi kelima namun tidak bias melupakan tanah kelahiran leluhur.

"Kami lahir di Papua sehingga cukup sulit bahasa Kei, tapi walau begitu kami tetap harus ke Kei," ujarnya.

Orang nomor dua di Kabupaten Mimika ini, juga menyampaikan salam dari Bupati Mimika. Semestinya bupati ikut menghadiri kegiatan tersebut namun batal lantaran ada kunjungan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) ke Papua.

Selanjutnya John Rettob menceritakan kembali lika liku perjalanannya bersama Eltinus Omaleng, termasuk hambatan-hambatan yang ditemui selama proses itu berlangsung , yang membuat peserta yang hadir memberi aplaus setelah JR mengumumkan rencana penerbangan langsung Timika Kei yang akan dibuka sebelum Desember 2019.

Wakil Bupati Maluku Tenggara, Petrus Beruatwarin mengucapkan selamat atas pelantikan OMTOB. Ia hanya menitip pesan agar Pemda Mimika tetap memperhatikan masyarakat Kei yang ada di Mimika.

"Mudah-mudahan dibawah bapak Eltinus dan bapak Johannes Rettob Kabupaten Mimika makin bersinar. Kami bangga bapak datang bersama 400 an orang luar Kei. Ini surga tersembunyi," Ujarnya.(tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika