Main Area

Pelantikan dprd mimika

Main

Puskeswan Mimika Layani Kesehatan Hewan Warga

Drh. Sabellina Fitria/ Foto : Dokumen

TIMIKA, TABUKANews.com - Bagi warga Timika yang memiliki hobby memelihara hewan maupun ternak dirumah. Kini tak perlu risau lagi apabila hewan kesukaan kalian jatuh sakit. Hewan piaraan kini bisa dibawa ke Pusat Kesehatan Hewan (Puskeswan) yang berada di Jalan Sosial Timika.

Sekretaris Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Mimika, Drh. Sabellina Fitria saat ditemui wartawan di Jalan Hasanuddin, Rabu (20/2)  mengatakan,  bahwa warga Timika yang memiliki hewan piaraan dan jatuh sakit, segera harus membawa hewan mereka ke Puskeswan untuk diperiksa.

"Kita sudah bertahun-tahun membuka layanan kesehatan hewan di Timika. Sudah banyak warga yang datang membawa hewan piaraan mereka, karena merasa takut terjadi apa-apa dengan hewan mereka," tuturnya.

Dijelaskan juga, bahwa pegawai Kesehatan Hewan selama ini melakukan penindakan terhadap hewan-hewan yang datang secara profesional dan bertanggung jawab. Dalam arti, setiap hewan yang datang diperiksa sesuai dengan keterangan sang pemilik.

"Pegawai kita cukup profesional selama ini. Apabila hewan yang datang, langsung diperiksa setelah mendapat keterangan dari sang pemilik," ungkapnya.

Adapun hewan yang selama ini diperiksa di Puskeswan adalah hewan maupun unggas piaraan berupa anjing, kucing serta jenis-jenis burung lainnya.

"Kalau untuk jenis ternak sapi maupun babi, si pemilik harus datang melapor ke kantor, kemudian pegawai kesehatan yang akan datang ke rumah warga untuk melakukan pemeriksaan," jelasnya.

Ditambahkan pula, bahwa pelayanan kesehatan hewan tersebut merupakan salah satu sumber pendapatan dinas yang hasilnya disetor ke kas daerah di setiap penghujung tahun.

"Tahun 2018 kemarin, sektor Kesehatan Hewan menyumbang pendapatan sebesar Rp. 25 juta," imbuhnya. (Tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika