Main Area

Main

PT Avco dan UPBU Sepakat Kelola Bandara Mozes Kilangin

Penandatanganan Loka oleh pihak Avco dan UPBU Mozes Kilangin Timika / Istimewa

 

Timika, TabukaNews.com - PT Airfast Aviation Facilities Company (AVCO) sebagai pemegang sertifikat pengelola Bandara Mozes Kilangin, Jumat (18/10) melakukan penandatangan kerja sama Letter Of Operational Coordination Agreement (LOCA) dengan Unit Penyelenggara Bandar Udara (UPBU) Mozes Kilangin Timika.

Kepala UPBU Mozes Kilangin Timika, Ambar Suryoko mengatakan penandatanganan LOCA tersebut sebagai bentuk kerjasama antara kedua pengelola bandara baik dari Freeport maupun Pemerintah,  baik dari penggunakan lapangan terbang, kendaraan pemadam  kebakaran, hingga keamanan.

"Loca ini berisikan pemakaian bersama runway, kemudian mobil pemadam PKPPK (Pertolongan Kecelakaan Penerbangan dan Pemadam Kebakaran, -Red),  kru kemudian dukungan Avian Security,"  kata Ambar usai penandatanganan kerjasama di kantor UPBU Mozes Kilangin Timika.

Ia menjelaskan, sebagai pemegang sertifikat bandara, pihak PT AVCO bisa melakukan inspeksi sesuai dengan standarisasi pada Otoritas Bandara wilayah X,   berdasarkan ketentuan yang berlaku.

 

"Jadi Avco bisa melakukan inspeksi sesuai dengan ketentuan yang berlaku karena memang pada saat ini sertifikat Bandar udara dipegang oleh pihak PT Avco," jelasnya.

Menambahkan, penandatanganan kerjasama tersebut akan berlaku selama 3 tahun, nantinya kerjasama tersebut akan dievaluasi kembali sesuai dengan kebutuhan di lapangan.

"Loca itu berlaku tiga tahun dan akan dievaluasi sesuai kebutuhan," ungkapnya.

Sementara itu, Kepala Bandara Timika PT AVCO Subagyo Hadidjan membenarkan apa yang telah disampaikan oleh Kepala UPBU Mozes Kilangin yang mana inspeksi yang akan dilakukan demi tercapainya standarisasi untuk bandara udara wilayah X,  juga dari pihak Kementrian Perhubungan Direktur Jendral Perhubungan Udara setelah adanya penandatanganan kerjasama, berupa sistem keamanan, keselamatan dan penerbangan sipil.

"Apa yang di sampaikan pak Ambar bahwa sertifikat bandar udaranya ada di PT Freeport sehingga kami bekerjasama dengan Otoritas bandara dan UPBU untuk sama-sama melakukan inspeksi demi tercapainya standarnisasi yang digariskan oleh otban X," kata Subagyo Hadidjan.

 

Pada kesempatan yang sama, Kepala Otoritas Bandara Udara Wilayah X Usman Efendi mengatakan, penandatanganan kerjasama antara pihak PT Avco dan UPBU merupakan moment yang dinanti-nantikan sejak beberapa tahun lalu.

"Ini yang ditunggu-tunggu penandatanganan loca ini selama 2 tahun lebih dan akhirnya sudah deal dan sudah ditandatangani oleh kedua belah pihak," Kata Usman.

Ia menjelaskan, dalam penandatanganan tersebut terdapat ketentuan-ketentuan yang harus ditaati bersama, sehingga kekurangan-kekurangan yang ada akan dilengkapi dan diawasi langsung oleh pihak Avco demi terciptanya keselamatan, keamanan dan kelancaran dalam penerbangan.

"Intinya adalah supaya kita tahu bahwa dalam penandatanganan loca itu siapa yang belum tau kekurangannya apa, nanti akan dikawal oleh Avco selaku pemilik Stasion Bandar Udara  terkait keselamatan, keamanan dan kelancaran penerbangan," jelasnya.

Menambahkan, dokumen penandatanganan kerjasama tersebut nantinya akan dikirim ke pihak Kementrian berhubungan untuk penerbitan slot time dan juga ijin rute.

"Inilah kerjasama yang baik, jadi kekurangan yang ada akan dilengkapi, juga berkaitan dengan permintaan warga untuk ada penambahan maskapai, batik dan lion air jadi penandatanganan ini akan dikirim ke Jakarta sebagai dokumen dan untuk penerbitan slot dan juga ijin rute ungkapnya. (Tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika