Main Area

Main

PSH Terarte Diminati Warga Timika Dari Semua Kalangan

Srikandi PSH Terate saat melakukan atraksi/ Foto : tim


TIMIKA, TABUKANews.com - Perguruan silat persaudaraan  Setia Hati Terate cabang Timika merupakan perguruan silat terbesar di Kabupaten Mimika, dan semakin diminati oleh warga dari berbagai kalangan. Mulai dari kalangan anak-anak, remaja hingga orang dewasa. Hal ini disampaikan oleh Ketua PSH Terate Cabang Timika, Sarwodudra saat ditemui wartawan di Lapangan Timika Indah, Kamis (21/2).

Menurutnya, sejak berdiri di Timika pada tahun 1985 lalu, perguruan PSH Terate tidak langsung diminati oleh warga. Namun karena kegigihan Legono Joko selaku perintis perguruan silat tersebut, akhirnya dari tahun ke tahun, jumlah murid terus bertambah.

“Syukur Alhamudulillah, karena anggota kita sudah mencapai 500 orang lebih yang terbagi diberbagai ranting,” tuturnya.

Dijelaskan, bahwa pihaknya selalu mengajarkan nilai-nilai luhur kepada tiap murid agar kelak bisa menjadi pribadi yang santun dan bisa berdampak positif bagi semua orang.

“Intinya adalah kita mengolahragakan masyarakat dan memasyarakatkan olahraga. Didalamnya kita menanamkan nilai agar murid-murid menjadi pribadi yang berbudi luhur, serta bisa mengetahui benar dan salah,” katanya lagi.

Menurutnya, apabila ada warga Timika yang tertarik untuk ikut bergabung, pihaknya dengan terbuka menerimanya. Proses pendaftaran pun sangat mudah, sama seperti pendaftaran ditempat-tempat lain apabila ingin bergabung ke sebuah organisasi. Pihaknya pun tidak memungut biaya dalam proses pendfataran tersebut.

“Alhamdulillah, sekarang kita sudah terbagai menjadi delapan ranting, yakni di Tembagapura, Timika kota, SP 2, SP1, SP3, SP6, SP7, dan SP13,” ungkapnya.

Dijelaskan pula, bahwa perguruan PSH Terate  hanya mengenal empat sabuk saja. Yakni untuk murid dimulai dari sabuk hitam, jambon, hijau dan putih. Asapun sabuk putih tersebut terbagi dua jenis yakni putih kecil dan besar. Sementara untuk pelatih dibagi menjadi tiga tingkat.

“Alhamdulillah, anggota kita sekarang ini berasal dari berbagai kalangan, dan motivasi mereka untuk bergabung adalah untuk belajar ilmu silat serta spiritual,” imbuhnya. (Tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika