Main Area

pesparawi xiii
DPRD Kabupaten mimika, Ucapan Maulid Nabi Muhammad SAW 2020
Sekwan DPRD Kabupaten mimika, Ucapan Maulid Nabi Muhammad SAW 2020

Main

Program Transportasi Darat Jhon Rettob, Sangat Membantu Masyarakat

Calon Bupati Eltinus Omaleng dan Jhon Rettob (OMTOB) Calon pemimpin yang pas pimpin Mimika/ Foto : Dok Tabukanews.com

 

TIMIKA, TABUKANews.com - Johannes Rettob tidak hanya memperhatikan pelayanan transportasi di kali/laut dan udara saja namun ia juga melakukan terobosan untuk transportasi darat.

Sebelum tahun 2015, tidak ada akses kendaraan ke beberapa kampung di luar Kota Timika seperti Iwaka, SP 6, Miyoko dan PT. PAL.

Jhon merasakan keluhan masyarakat karena transportasi ke wilayah-wilayah ini sangat mahal. Biaya transportasinya bahkan mencapai Rp. 50 ribu per orang.

Melihat kondisi ini, mulai tahun 2016 pihaknya mulai melaksanakan kebijakan angkutan perintis yangg dibiayai oleh APBD Pemda Mimika sehingga perjalanan ke PT PAL dengan frekwensi 4x sehari biayanya hanya Rp. 10 ribu. Sementara ke Iwaka, Miyoko dan SP6 hanya Rp. 5 ribu.

"Kita serahkan ke PT Damri Mimika utk melaksanakan dan mengoperasikan. Kami hanya membayar biaya sisa operasional utk membuka isolasi. Masyarakat sangat senang karena mesara terbantukan. Mereka bahkan  meminta penambahan frekuensi seperti PT. PAL minta 8x dalam sehari, Iwaka 4x karena sekarang baru 2 kali kemudian Miyoko minta 6x dari 4 kali frekwensi antar jemput. Masyarakat sangat dibantu dengan ini," ujar Jhon Rettob.

Untuk transportasi anak sekolah, sejak tahun 2017 Pemda Mimika memberikan transportasi gratis untuk kendaraan yg disiapkan oleh Dinas Perhubungan.

"Anak sekolah diberikan full secara gratis. Tapi baru kita layani itu dari Timika ke luar. Belum kita layani dari luar ke dalam. Ini karena kita masih ada keterbatasan armada sehingga blm maksimal melayani anak sekolah. Kami akan tambahkan ini di tahun-tahun berikutnya," jelasnya.

Saat menjabat sebagai Kepala Dinas Perhubungan, Jhon berhasil melobi 4 bus bantuan dari pemerintah pusat, 2 bus bantuan Provinsi Papua (Otsus) dan 2 lainnya dibiayai dari APBD Mimika. Sementara 4 bus sisahnya merupakan bus bantuan perhubungan pada 2008 silam. (Tim)

DPRD Kabupaten mimika, Ucapan HUT Kab.Mimika
Sekwan DPRD Kabupaten mimika, Ucapan HUT Kab.Mimika
2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika