Main Area

keluarga besar johannes rettob
keluarga besar tabukanews

Main

Program Kampung Sehat YPMAK, Upaya Tingkatkan Derajat Kesehatan Warga

Timika, TabukaNews. com - Yayasan Pemberdayaan Masyarakat Amungme dan Kamoro (YPMAK) menjalankan Program Kampung Sehat, dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan Masyarakat Papua pada umumnya dan masyarakat asli Amungme Kamoro serta 5 suku kekerabatan pada khususnya.

Kepada wartawan Jumat (3/12/2021) Direktur YPMAK Vebian Magal mengungkapkan, Program Kampung Sehat diintegrasikan dengan layanan Klinik Bergerak, yang terdiri dari program Dokter Terbang yang melayani di Wilayah Pegunungan dan Klinik Terapung yang melayani wilayah pesisir.

Lagi katanya, program ini ditujukan untuk meningkatkan derajat kesehatan Ibu dan Anak, pemulihan gizi balita, perbaikan lingkungan dan sanitasi serta pengendalian penyakit menular Malaria, TBC, HIV-AIDS dan juga Diare.

Dengan Program Kampung Sehat ini YPMAK bekerjasama dengan Pelayanan Kesehatan Kristen Indonesia (Pelkesi) sebagai pelaksana program dengan melibatkan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Mimika.

Sebagai pengelola Dana Kemitraan PT. Freeport Indonesia YPMAK berkomitmen untuk memberikan dukungan penuh untuk mengembangkan masyarakat dan membantu meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Suku Amungme dan Kamoro serta lima suku kerabat lainnya di Kabupaten Mimika untuk tujuan pembangunan yang berkelanjutan.

Vebian berharap melalui program Kampung Sehat masyarakat diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku hidup sehat, sekaligus mendorong tersedianya akses pelayanan kesehatan yang lebih baik terhadap masyarakat. (Manu)

2022 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika