Main Area

Main

Pratu Harsal Optimis Tembus PON 2020 Pada Cabor Binaraga

Pratu Sufryady Harsal saat mengikuti kejuaraan body contes/ Foto : Istimewa

TIMIKA, TABUKANews.com - Pratu Sufryady Harsal merasa optimis untuk bisa mewakili Provinsi Papua pada pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-XX cabang olahraga binarga ditahun 2020 mendatang. Hal ini ia katakan saat ditemui Tabukanews.com dibilangan Yos Sudarso, Senin (11/2).

Lahir dari pasangan Alm. Haerul Saleh dan Ramlah ini sebenarnya tidak pernah berkeinginan untuk menjadi seorang binaraga, namun karena sebagai anggota TNI AD yang dituntut untuk selalu fit dan kuat, akhirnya ia memilih untuk ikut fitness setiap malam di Mako Denkav 3/SC.

“Saya sebenarnya hobby main tennis meja, tapi karena tuntutan profesi yang mengharuskan untuk aktif berolahraga, akhirnya saya aktif jadi anggota gym disatuan kami sendiri,” terangnya.

Meski sehari-hari berprofesi sebagai anggota TNI AD di kesatuan Detasemen Kavaleri (Denkav) 3/SC Timika, namun hal tersebut tidak sedikit pun mengganggu konsentrasinya untuk bisa meraih mimpi besarnya mewakili Provinsi Papua pada ajang PON mendatang.

“Alhamdulillah, komandan saya sangat mendukung saya dalam menjalankan tugas ini. Saat kemarin ikut berlomba pada kejuaaraan yang diselenggarakan oleh pemerintah, komandan datang langsung melihat kami bertanding, dan Alhamdulillah saya diberikan apresiasi karena meraih juara satu,” tuturnya.

Setelah dinobatkan sebagai juara satu untuk body contes class new beginner, maka secara otomatis lelaki perkasa kelahiran Sinjai 7 Mei 1995 silam ini akan ikut seleksi melalui kejuaraan daerah yang akan diselenggarakan di Jayapura dalam waktu dekat ini.

“Nanti kami disana akan diseleksi melalui pertandingan juga. Siapa yang meraih juara satu, itulah yang akan mewakili Papua di ajang PON 2010 mendatang pada cabang olahraga binaraga,” ungkapnya.

Suatu tantangan besar sekaligus sebagai kebanggaan bisa mewakili Kabupaten Mimika untuk berlaga pada Kejurda yang akan dilangsungkan dalam waktu dekat ini, dimana dirinya akan bertarung melawan perwakilan-perwakilan dari masing-masing kabupaten se-Papua untuk bisa meyakinkan para juri, siapa yang lebih pantas untuk menjadi wakil Papua.

“Yang sekarang saya lakukan adalah berlatih dan terus berlatih untuk bisa menampilkan yang terbaik pada Kejurda tingkat provinsi, sehingga bisa mewakili Papua pada ajang PON 2020. Beban dan tanggungjawab terbilang berat karena kita adalah tuan rumah pelaksana, dan di sisi lain, kita juga menargetkan untuk meraih medali emas pada cabang olahraga binaraga,” imbuhnya.

Sementara itu, Komandan Detasemen Kavaleri (Dandenkav)-3/SC, Mayor Kav Hanung Kaptiaji memberi apresiasi terhadap prajuritnya yang sukses mengharumkan kesatuan dalam setiap kejuaraan dibidang olahraga. Diakui, bahwa selaku pimpinan satuan, dirinya selalu mendorong anggotanya untuk aktif dalam bidang olahraga.

“Pastinya kita dukung mereka. Apabila ada kompetisi atau kejuaraan, kita yang daftarkan, kita fasilitasi kebutuhan mereka, dan tak lupa kita berikan hadiah apabila mereka menang,” tandasnya. (Tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika