Main Area

Main

Prajurit Brigif 20 IJK Kostrad Gelar Kerja Bakti Bersihkan Lingkungan

Prajurit Brigif Kostrad Saat Membersihkan Tumpukan Sampah/ Foto : Istimewa

TIMIKA, TABUKANews.com - Sebagai bentuk kepedulian terhadap kebersihan lingkungan, prajurit Brigif 20/IJK Kostrad menggelar kerja bakti membersihkan tumpukan sampah yang sengaja dibuag oleh warga Timika disepanjang jalan poros KM13, Jalan Cenderawasih, Kampung Kadun Jaya Distrik Wania, Kamis (28/2).

Aksi kerja bakti tersebut bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Mimika yang menyediakan armada truk pengangkut sampah.

Komandan Brigif 20/IJK Kostrad, Kolonel Inf Charles Sagala saat ditemui wartawan disela-sela kerja bakti mengatakan, bahwa kegiatan bersih-bersih lingkungan merupakan kewajiban bagi prajurit Kostrad dimana pun mereka ditempatkan.

“Ini adalah perintah langsung dari Pangkostrad . Salah satunya adalah menciptakan lingkungan suasana bersih dimana satuan itu berada. Kebetulan Brigif kita berada di Timika jajaran Kostrad, jadi ini adalah kewajiaban kami untuk ikut serta membantu kebersihan lingkungan sekitar,” tuturnya.

Dikatakan pula, bahwa pihaknya sudah berdiskusi dengan Bidang Kebersihan Dinas Lingkungan Hidup untuk rutin menggelar kerja bakti demi terciptanya suasana nyaman dan bersih di Kota Timika. Ditambah lagi kawasan tersebut sebenarnya bukan TPS yang bisa dijadikan tempat pembuangan sampah.

“Saya sudah bicarakan dengan Bidang Kebersihan. Biar kita tiap minggu bisa melakukan kerja bakti ini demi terciptanya kebersihan di Kota Timika untuk menuju Timika yang bersih. Siapa pun yang mau bergabung, kita persilahkan, karena kebersihan kota adalah tanggungjawab kita semua,” ungkapnya.

Dalam aksi kerja bakti tersebut, prajurit Brigif 20/IJK Kostrad sempat menahan warga yang dengan sengaja membuang tumpukan sampah berupa daun bakau dan kepiting busuk dalam jumlah yang sangat banyak. Alhasil, aroma busuk pun tercium selama tumpukan sampah tersebut masih diatas mobil.

Atas kebijakan Dinas Lingkungan Hidup dan Komandan Brigif 20/IJK Kostrad, mobil pengangkut tumpukan kepiting busuk tersebut akhirnya menuju ke TPA Iwaka untuk membuang sampahnya, dengan catatan pemilik usaha tersebut harus datang melapor ke Mako Brigif 20/IJK Kostrad untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya. (Tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika