Main Area

Main

Polri Terus Mengejar Kelompok Egianus Kogoya

Kapolda Papua saat memberikan keterangan kepada wartawan di RSMM Craitas./Foto : Tim/TabukaNews.Com

Timika, TabukaNews.com – Pihak keamanan Kepolisian republik Indonesia terus mengejar maupun menangkap Kelompok Kriminal Sipil Bersenjata (KKSB) dibawah pimpinan Egianus Kogoya, karena bertangung jawab penuh atas beberapa kejadian penembakan di wilayah Kabupaten Nduga, Papua.

Kepolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw, mengatakan bahwa hingga kini personil brimob masih terus melakukan pengejaran terhadap kelompok yang sering mengacaukan situasi di kabupaten Nduga.

"Pasukan Brimob yang tergabung dalam Satgas Aman Nusa hingga kini masih melakukan pengejaran terhadap Kelompok Kriminal Pimpinan Egianus Kogoya di Kabupaten Nduga Papua," kata Kapolda, Minggu (12/1). 

Usai menjenguk Bharatu Luki Dharmadi, salah satu anggota BKO Brimob Polda Maluku yang terluka di bagian paha karena terkena tembakan pada Sabtu (11/1) pagi di Kampung Alguru Kabupaten Nduga. Kapolda menyampaikan bahwa pasca kontak tembak antara Brimob BKO Polda Maluku dan KKSB situasi di kampung Alguru Kabupaten Nduga hingga sampai saat ini masih aman terkendali dan tidak ada konflik maupun dampak apapun dari penembakan tersebut.

"Ini akan menjadi pekerjaan Polri di tahun 2020 untuk bagaimana menangani beberapa kelompok kriminal bersenjata yang selalu mengganggu dan juga mengintai anggota Polri," ungkap Kapolda.

Perlu diketahui, Bharatu Luki Dharmadi terkena tembakan dari KKSB pada Sabtu (11/1) pagi ketika anggota sedang melakukan pembersihan lingkungan disekitar. 

Jumlah kelompok Pimpinan Eginuas tidak banyak sekitar 20 orang, kerap mengunakan masyarakat sebagai tameng saat aparat melakukan tindakan penegakan hokum.

Untuk itu, Kapolda meminta kepada pemerintah daerah setempat untuk ikut membantu aparat keamanan dalam penegakan hukum kepada kelompok tersebut, yang kerap melakukan aksi mereka di Kabupaten Nduga. (tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika