Main Area

pesparawi xiii
HUT Republik Indonesia Ke 75
HUT Republik Indonesia Ke 75
HUT Republik Indonesia Ke 75

Main

Polres Mimika Rekomendasikan Sembilan Titik Rawan Pemasangan CCTV

Kepala Diskominfo Mimika Demianus Katiop /Foto : Tim Tabukanews.com

Timika, TabukaNews.com - Kepolisian Resort (Polres) Mimika merekomendasikan beberapa titik pemasangan CCTV dimana pihak Pemkab Mimika dalam hal ini Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) yang akan melakukan penambahan kamera CCTV di tahun 2020.

Hal tersebut menyusul banyaknya kasus tindak criminal, lebih khusus begal yang marak terjadi beberapa minggu terakhir, dan tidak terpantau kamera CCTV milik Pemkab Mimika sehingga kesulitan dalam menangkap pelaku kejahatan tersebut

“Pihak kepolisian memberikan rekomendasi dimana titik-titik yang menurut mereka rawan, terutama rekomendasi tersebut sudah melewati kajian dari pihak kepolisian khususnya Polres Mimika,” kata Kepala Diskominfo Mimika Demianus Katiop saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (28/1).

Katiop menjelaskan, pihak Diskominfo melalui command center yang bekerja sama dengan pihak kepolisian berencana akan memasang 12 kamera CCTV di beberapa titik. Dari 12 kamera CCTV tersebut pihak Polres Mimika merekomendasikan sembilan titik yang dianggap rawan untuk bisa di pasang kamera CCTV.

Lanjutnya dari sembilan titik yang direkomendasikan oleh Polres Mimika tersebut antara lain dipasang di Bundaran CP 28, Pos Pasar baru, Perempatan Hasanudin Irigasi, Bundaran Petrosea, Jembatan selamat datang SP 2, Pertigaan waker SP 2/ SP 5, Pertigaan Mimika Sport Center (MSC), dan Bundaraan Base Camp SP 2.

“Jadi titik-titik sudah ada dan sudah diberikan oleh Polres dan dalam waktu dekat akan di pasang CCTV tersebut,” jelasnya.

Katiop mengungkapkan berhubung anggaran pemasngan CCTV nilainya sangat besar dan harus dikerjakan oleh pihak ke tiga. Oleh sebab itu pihaknya dalam waktu dekat akan segera mempersiapkan lelang untuk mendapatkan pihak ketiga yang akan menjalankan proyek tersebut.

“karena ini menggunakan anggran yang nilainya besar sehingga harus melalui proses lelang terlebih dahulu, kita segera siapkan supaya pihak ketiga bisa langsung mengerjakan,” ungkapnya.

Katiop menambahkan untuk tiga titik selainjutnya pihaknya akan menyesuaikan tempat-tempat yang dimana dianggap penting untuk di pasang kamera CCTV. Terkait hal itu pihaknya masih berkoordinasi dengan Pemkab Mimika untuk dimana sisa tiga Kamera CCTV tersebut akan di pasang.

“Sembilan titik kan sudah rekomendasi dari Polres dan sisanya tiga CCTV nantinya secara teknis dari pihak kita bagai mana nanti akan dipasang dimana,” ujarnya. (tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika