Main Area

Main

Polres Jayapura Canangkan Zona Integritas

Kapolda Papus Irjen Pol Boy Raflo Amar di dampingi oleh Kapolres Jayapura AKBP Viktor Machbon saar melepas balon zona Integritas / Foto : Dok Tabukanews.com

TIMIKA, TABUKANews.com - Kapolda Papua, Irjen Polisi Boy Rafli Amar, MH hadiri kegiatan Pencanangan Pembangunan Zona Integritas (ZI) dan Penandatanganan Pakta Integritas menuju wilayah bebas korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih Melayani (WBBM) dan buka puasa bersama di Aula Obhey Reay May Polres Jayapura, Selasa (5/6).

Kapolres Jayapura, AKBP Victor D. Mackbon SH. S.Ik.MH. M.Si dalam sambutanya mengatakan, hari ini kita dapat melaksanakan buka puasa bersama serta Pencanangan Zona Integritas, sekaligus Penandatanganan Fakta Integritas.

Dikatakan, Kepolisian tertantang untuk merubah model pemolisian dan pelayanan kepada masyarakat dan menuju Zona Bebas Korupsi yang merupakan amanat dari Undang-undang dan merupakan program dari Kapolri.

"Saya beserta staf bekerja keras dan itu merupakan modal yang sangat, karena saya sudah masuk disini dan mempunyai modal yakni mendapatkan Gakkumdu terbaik, dan mendapatkan nilai hijau dari Ombudsman RI yakni, Pelayanan Lalu Lintas dan Pengurusan SKCK,"kata Kapolres Mackbon.

Lanjutanya, Pencanangan Zona Integritas ini merupakan Zona dimana Kepolisian berintegritas untuk mewujudkan wilayah bebas korupsi dan pelayanan kepada masyarakat yang nyaman.

"Kami juga mempunyai program dan saya minta kepada bapak Kapolda Papua memberikan dukungan dan atensi kepada kami. Terima kasih juga kepada Bupati Jayapura yang sudah memberi dukungan dan memberikan dana hibah untuk menjaga Kamtibmas di Kabupaten Jayapura," ujar mantan Kapolres Mimika itu.

Sementara Perwakilan Ombudsman RI, Perwakilan Papua, Ismail Sakti Marzuki mengatakan,

 Keberhasilan pembangunan pencanangan Zona Integritas dalam wilayah bebas korupsi ( WBK ) dan wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani ( WBBM ), wilayah sangat diperlukan kapasitas dan kualitas dari masing-masing individu yang mempunyai relenvasi dalam meningkatkan kualitas integritas organisasi untuk melakukan kegiatan.

Dijelaskan, Zona Integritas Kepolisian adalah predikat atau penilaian pimpinan yang diberikan kepada instasi pemerintahan ke pimpinan dan jajarannya dalam mewujudkan wilayah bebas korupsi dan wilayah birokrasi bersih melayani dengan reformasi birokrasi khususnaya dalam pencegahan korupsi serta peningkatan wilayah bebas pelayanan publik.

Dalam meningkatkan kualitas pembangunan, kata Ismail,  di wilayah Polres Kota Jayapura pastinya melalui redasi dan demokrasi peningkatan demokrasi.

"Harapan kami kepada Polres Jayapura agar bersama-sama membangkitkan integritas individu untuk terbebas dari korupsi, kolusi dan nepotisme sehingga bisa meraih predikat wilayah bebas dari korupsi dan wilayah birokrasi bersih melayani," jelasnya.

Sedangkan Sambutan Kapolda Papua Irjen Pol Drs Boy Rafli Amar MH mengucapkan

 Terima kasih, karena pada kesempatan ini, kita dapat bersilaturrahmi degan para tokoh agama dan masyarakat.  

 Dikatakan Kapolda Boy Rafli, kita telah melihat bersama bahwa ada tekad dan komitmen yang baik yang oleh Kapolres  Jayapura beserta jajarannya. 

"Mudah-mudahan komitmen ini dapat kita dukung sehingga kedepannya dapat menjadi Zona Integritas yang sebaik-baiknya," jelas Kapolda.

Sebetulnya kata Kapolda Boy Rafli Amar, dari Mabes Polri telah meminta satu perwakilan Polres untk di jadikan Zona Integritas, namun Polda Papua mengirimkan tiga Polres untk menjadi acuan, yaitu Polres Kota Jayapura, Polres Merauke dan Polres Jayapura (Sentani).

Lanjutnya, apabila ini berhasil maka akan menambah kepercayaan publik kepada Polri, Otomatis tunjangan kinerja kita akan meningkat, ini menandakan bahwa tekad yang di miliki Anggota Polres  Jayapura telah siap menuju Zona Integritas bebas dari korupsi.

Ia mengharapkan kepada seluruh anggota Polri apabila bekerja harus di landasi degan niat yang baik, tulus dan ikhlas dalam melayani, jadi ingat pekerjaan kita adalah bagian dari ibadah.

Senyum, sapa, salam wajib di berikan kepada masyarakat ketika masyarakat membutuhkan pelayanan masyarakat, jangan Sampai masyarakat yang mengadu kepada Polri, jangan Sampai diberikan beban yang dapat merugikan masyarakat.

"Ketika kita bekerja dengan niat ikhlas melayani dengan hati, maka pasti kita akan dengan sendirinya dapat membangun Zona Integritas yang beberapa dari korupsi, dan bebas dari birokrasi bersih melayani," ucap Kapolda.

Dijelaskan, yang terpenting adalah tulus dan ikhlas, dan jangan meminta bayaran kepada masyarakat terkait pengaduan masyarakat. Ketika kita tulus dan ikhlas maka kita sudah menuju ke arah Zona Integritas. 

Lanjutnya, di Polres harus ada kotak pengaduan, karena setiap keluhan masyarakat, harus menulis surat, lalu masukkan ke kotak surat baik saran maupun kritik, dan setiap minggunya Polres harus membuka dan melihat apa isi surat tersebut apakah kritikan atau masukan buat Kepolisian.

"Sukses buat Kabupaten Jayapura, kita doakan semoga sukses dalam Pencanangan Zona Integritas, mudah- mudahan Polres  Jayapura dapat menjadi Polres yang di banggakan masyarakat Kabupaten Jayapura.

Sementara Bupati Jayapura, Matius Awaitouw mengatakan, pemerintah Kabupaten Jayapura mengucapkan selamat berbuka puasa untuk saudara saudara muslim di Kabupaten Jayapura.

" Dengan arahan bapak Kapolda Papua, kami akan bekerjasama dengan Kapolres  Jayapura, dan kami akan bekerja keras untuk mewujudkan Kabupaten Jayapura dan Polres  Jayapura memasuki Zona Integritas," ujarnya.

Dikatakan, Pemkab Jayapura akan memasang spanduk dan baliho yang besar di batas kota, yang intinya anda memasuki wilayah bebas korupsi. 

Kata dia, banyak sekali komitmen kita bersama, baik Pemkab Jayapura, Polres  Jayapura yang telah di lihat hasilnya langsung oleh masyarakat. 

"Ini akan kami pertahankan terus menerus, kami akan bekerja bersama, dialog bersama menuju Zona Integritas bebas korupsi," bebernya.

Usai sambutan Bupati Jayapura acara dilanjutkan dengan doa buka puasa bersama yang di bawakan oleh Ketua MUI Kabupaten Jayapura, Ustad Makmum Rosidi dan ditutup dengan Sholat Magrib Berjamaah. 

Setelah Sholat Magrib Berjamaah dilanjutkan dengan Penandatanganan Zona Integritas yang disaksikan Kapolda Papua Irjen Pol Boy Rafli Amar, MH. Bupati  Jayapura dan Perwakilan Ombudsman kabupaten Jayapura.

Dari acara buka puasa bersama ditutup dengan pemberian tali asih dari Kapolda Papua kepada para santri dan santriwati Pondok Pesantren Komba Kabupaten Jayapura. 

Selanjutnya pelepasan balon udara oleh Kapolda Papua  bersama Forkopimda Kabupaten Jayapura, Kapolres Jayapura (Sentani),  sebagai tanda dimulainya Polres  Jayapura sebagai Zona Integritas Bebas Korupsi. (tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika