Main Area

pesparawi xiii
ibu etina diwitau omaleng
ibu etina diwitau omaleng
ibu etina diwitau omaleng
ibu etina diwitau omaleng
hari raya pekabaran injil 5 Februari 2021

Main

Polisi Terapkan Pasal Berlapis Kepada Penjual Miras Palsu Jenis Vodka

Timika, TabukaNews.com - Polisi menerapkan pasal berlapis untuk tersangka ITW atas dugaan memperdagangkan minuman keras (miras) palsu jenis vodka.

Hal ini disampaikan langsung oleh
Kapolda Papua,Irjen Pol Drs. Paulus Waterpauw dengan didampingi Kapolres Mimika, AKBP I Gusti Gde Era Adhinata pada saat press release di Kantor Sentra Pelayanan Polres Mimika, Sabtu (15/8).

Adapun pasal yang dikenakan untuk tersangka ITW, diantaranya pasal 204 ayat 1 KUHP dengan ancaman pidana 15 tahun penjara. Pasal 62 ayat 1 jo pasal 8 ayat 1 huruf a dan e undang- undang nomor 8 tahun 1999, tentang perlindungan konsumen dengan ancaman pidana 5 tahun penjara.

Kemudian pasal 386 ayat 1 KUHP dengan ancaman penjara 4 tahun dan pasal 141 undang-undang nomor 18 tahun 2002 tentang pangan dengan ancaman 2 tahun penjara. Serta pasal 142 jo pasal 91 ayat 1 UU RI nomor 18 tahun 2012 tentang pangan dengan ancaman pidana penjara 2 tahun.

Disampaikan Kapolda, bahwa dari keterangan tersangka minuman keras tersebut didatangkan dari Jakarta.

"Minuman ini didatangkan dari Jakarta lewat ekspedisi. Dan tentu kita akan lakukan penyelidikan apakah dari luar Timika saja atau ada didalam kota Timika. Kita akan  terus gali. Sudah ada 9 saksi yang sudah diperiksa,"ungkap Kapolda.

Diterangkan Kapolda, dari hasil ujian laboratorium yang sudah keluar, itu dinyatakan dalam sampel tidak memenuhi syarat, bahwa vodka mansion house ukuran 250 ml setelah di uji ternyata  mengandung metanol 24,81 persen padahal syarat BPOM hanya 0,1 persen. Kemudian untuk etanol sendiri dinyatakan memenuhi syarat karena dibawah 40 persen yakni 14,16 persen.

Sedangkan untuk vodka mansion house ukuran 350 ml, yang mana hasil uji di BPOM untuk metanolnya tidak terdeteksi,artinya masih aman.

"Tapi etanolnya sesuai dengan label disini aman, namun tidak teregistrasi nomornya ini di BPOM, jadi kemungkinan besar juga ini pemalsuan," terang Kapolda.

Dalam kesempatan tersebut,Kapolda menghimbau  kepada kapolres dan para kasat untuk terus menerus melakukan upaya sinergi dengan pihak-pihak terkait untuk melakukan sosialisasi, serta terus melakukan operasi terhadap miras yang beredar di Timika baik pabrikan maupun non pabrikan.

"Sebab keadaan kita aman itu jika tidak terpengaruh oleh miras,"ujarnya.

Untuk BB yang diamankan saat ini sebanyak 10 karton yang disita penyidik di dua lokasi pada tanggal 7 dan 9 Juli. Diantaranya, minuman keras vodka mansion house ukuran 350 ml , vodka mansion house ukuran 250 ml, vodka vibe original ukuran 750 ml, vodka vibe Dry Gin ukuran 700 ml, dan vodka Vibe Tequila ukuran 700l.

Anggur Merah MC Donald ukuran 650 ml, Anggur Merah Columbus ukuran 650 ml, Bir Bintang 320 ml, Bir Anker ukuran 320 ml, Anker STOUT ukuran 330 ml, Anggur Koleson ukuran 620 ml, dan buku besar warna kuning.(tim)

DPRD Kabupaten mimika, Ucapan HUT Kab.Mimika
Sekwan DPRD Kabupaten mimika, Ucapan HUT Kab.Mimika
2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika