Main Area

Main

Polisi Sita Ratusan Anak Panah dan Puluhan Busur di Kilo 11

Anggota Shabara Polres Mimika ketika mengumpulkan BB bukti hasil sitaan./Foto:Tim Tabukanews. com

Timika,TabukaNews.com - Pihak kepolisian Polres Mimika di dukung oleh personil BKO Brimob Kalimantan Barat  dan Gorontalo menyita ratusan anak panah dan puluhan busur saat melakukan razia senjata tajam di pemukiman warga di Kilo 11 Distrik, Wania. Kamis (24/10). 

"Kilo 11 inikan sudah dua kali dijadikan sebagai arena perang suku jadi kita melakukan razia," Kata Kasat Sabhara Polres Mimika Matheus Tanggu Ate kepada wartawan di Kantor Sentra Pelayanan Polres Mimika Kamis (24/10).

Penertiban yang dilakukan oleh pihaknya agar tidak ada lagi perang suku yang terjadi di area tersebut. Aksi sweeping yang dilakukan oleh pihaknya juga dilaksanakan secara diam diam sehingga target untuk mengamankan senjata tajam juga berhasil dilakukan. 

"Anak Panah 200, busur 39, 1  senapan angin, 1 parang. Pada saat kita melakukan penertiban juga tidak ada perlawaan," kata Matheus.

Menurutnya, para pemilik senjata tajam juga sudah mengetahui konsekuensi hukum yang akan mereka terima bila menyimpan senjata tajam tersebut di rumah sehingga ketika para petugas melakukan razia dari rumah  kerumah para pemilik senjata tersebut, warga melarikan diri meningggalkan rumah dan tidak mau mengaku sebagai pemilik barang ketika ditanya sama anggota kepolisian. 

"kita Himbau bahwa  dilarang memproduksi atau menyimpan senjata tajam berupa panah, senjata api, apabila tertangkap resikonya di atur oleh UU darurat," kata Matheus. 

Matheus mengatakan rata rata busur dan panah yang di razia tersebut di bawa dari luar Timika seperti Ilaga dan juga dari Nduga. 

" bahan bakunya dibawa dari luar, dikemas sedemikian rupa dalam pipa paralon sehingga bisa tertipu petugas di bandara. Apa lagi penjagaan disana longgar maka akan selalu ada  bahan baku yang Lolos," kata Matheus. 

Dirinya juga menyampaikan terima kasih banyak kepada masyarakat yang proaktif memberikan informasi masih kepada pihak kepolisian sehingga pihaknya bertindak cepat melakukan razia senjata tajam di  area Kilo 11. 

" 1 Regu brimob BKO Kalbar 15 orang dan 15 orang anggota brimob dari  BKO Gorontalo dan anggota Dalmas Polres Mimika 25 orang," kata Matheus. (Tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika