Main Area

Pelantikan dprd mimika

Main

Polisi Kantongi 3 Oknum Provokator , Mahasiswa Manado Pulang ke Timika

Kapolres Mimika, AKBP Agung Marlianto / Foto : Tim

Timika,TabukaNews.Com- Kapolres Mimika, AKBP Agung Marlianto mengaku telah mengantongi tiga oknum mahasiswa sebagai provokator yang menyebabkan puluhan anak Mimika di Yayasan Lokon Manado panik dan memilih pulang ke Timika.

Hal ini disampaikan oleh Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto saat ditemui di Kantor DPRD,Rabu (11/9).

“Anak-anak dari Lokon itu pulang karena termakan isu yang sifatnya  intimidatif dari oknum-oknum ini. Intinya anak-anak ini dipaksa untuk pulang. Kita juga tahu  ada apa dibelakang ini semua.Tiga oknum provokator ini berasal dari Mimika di salah satu universitas di Surabaya,"ungkap Kapolres.

Diterangkan Kapolres, bahwa latar belakang ini semua adalah dengan cara mengakomodir semua perkumpulan mahasiswa dan melakukan aksi di kantor DPRD, kantor Bupati ataupun kantor Gubernur.

Aksi ini sengaja untuk memancing jurnalis internasional atau mungkin yang berkaitan dengan masalah HAM. Dengan demikian, muncul tanggapan dan penilaian bahwa Pemerintah setempat tidak bisa mengatasi persoalan yang ada secara intelektual.

“Yang dikatakan Kapolri itu benar bahwa di belakang ini semua ada penunggang. Organisatoris ini merupakan yang terafiliasi. Jadi kalau ada provokator yang nanti kita amankan dan dihukum, lalu keluar lagi maka akan tetap diamankan lagi,” terangnya.

Disampaikan Kapolres, bahwa selain mahasiswa, pelajar SMP dan SMA dari Yayasan Lokon, sampai saat ini tidak ada mahasiswa dari kota studi lain yang diketahui telah pulang ke Timika.

"Ini karena telah ada imbauan dari Bupati dan Polres,juga telah dilakukan fasilitasi mediasi antar orang tua, anak-anak dan LPMAK,"ungkapnya.

Dalam kesempatan tersebut,Kapolres juga menyampaikan,bahwa Pemkab melalui Dinas PU, Dinas Pendidikan serta TNI dan Polri akan memfasilitasi pemulangan 28 orang anak tersebut untuk kembali ke Yayasan Lokon.

"Jadi dengan demikina, secara berlahan seluruh rangkaian pristiwa atau masalah yang selama ini terjadi akan berlalu,"ungkapnya.(Tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika