Main Area

Main

Polisi Didik 60 Satpam Diksar Gada Pratama

Sebanyak 60 anggota Satpam mengikuti pendidikan dasar (Diksar) Gada Pratama yang diselenggarakan oleh PT Tosari Utama di Aula Mako Brimob Yon B Timika/ foto : Istimewa

TIMIKA,TABUKANEWS.COM- Untuk meningkatkan profesionalisme anggota Satpam, sebanyak 60 anggota Satpam mengikuti pendidikan dasar (Diksar) Gada Pratama yang diselenggarakan oleh PT Tosari Utama di Aula Mako Brimob Yon B Timika, Senin (8/10) Siang.

Dir Binmas Polda Papua Kombes Pol H. Andi Heru Santo SST. MK. SH. MH, mengatakan bahwa pelaksanaan Diksar Gada Pratama sudah yang kesekian kalinya, tetapi untuk Timika di tahun 2018 ini adalah yang kedua kalinya. Tahun lalu juga dua kali, jadi secara keseluruhan PT Tosari Utama sudah melaksanakan sebanyak 27 kali,sehingga diharapkan sesuai dengan Peraturan Kepala Kepolisian (Perkap) nomor 24 tahun 2007,"kata Kombes Pol H. Andi.

Disampaikannya bahwa Diksar Gada Pratama di Timika saat ini merupakan angkatan ke XXVII dengan mendidik kurang lebih 60 anggota Satpam. Sehingga selama pendidikan ini mereka harus mampu menerima, mentrasfer apa yang sudah diberikan oleh pembina bagaiaman cara melaksanakan kegiatan atau bekerja di masing-masing perusahaan yang nanti sesuai dengan harapan,"ungkapnya.

Menurutnya. Satpam merupakan anak kandung dari Polri sehingga diharapkan memiliki kecakapan Kepolisian terbatas. Salah satu contoh apabila di lokasi dimana yang bersangkutan bekerja ada permasalahan diharapkan sebelum sampai ke polisi mereka sudah bisa menangani untuk penanganan pertama.

Mereka juga akan diajarkan Kepolisian terbatas salah satunya patroli, menerima pengaduan masyarakat dilingkungan kerjanya apabila ada masalah dia bisa pecahkan masalah sebelum dilanjutkan proses penyelidikan kalau memang itu nanti pidana. Karena mereka tidak ada kewenangan untuk menindaklanjuti kasus tindak pidana sehingga harus diteruskan ke kepolisian,"ungkapnya.

Ditambahkannya bahwa untuk lamanya pelatihan itu sesuai Perkap nomor 24 tahun 2007 seyognya itu disebutkan selama 30 hari, namun karena otsus punya kebijakan tersendiri dimana dilaksanakan selama dua minggu.

"Mulai sekarang maka berakhir sampai tanggal 22/23 oktober. Kita juga akan laksanakan materi praktek 60 persen dan teori 40 persen,"ujarnya.

Sementara, Hamid Ambarak, SE, Dirut PT Tosari Utama menyampaikan bahwa, peserta di angkatan XXVII ini berjumlah 60 anggota Satpam yang merupakan utusan dari perusahaan yang ada di Timika.

"Satpam ini sudah bekerja hanya untuk kualifikasi atau memiliki kewenangan itu banyak yang belum, jadi pendidikan dasar (Diksar) ini mereka harus ikuti karena memperoleh kartu anggota untuk melaksanakan tugas karena sesuai dengan UU maupun Perkap nomor 24 tahun 2007,"ungkapnya.(tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika