Main Area

Main

POBSI Cup 2019 : Neslon dan Janampa Juara Series II Home

Ketua Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesai (Pobsi) Kabupaten Mimika terpilih Rocky Patinama saat menyerahkan tropy juara kepada juara/ Foto : Istimewa

Timika. TabukaNews. Com - Dua pebiliar muda yang merupakan anak asli Mimika masing masing Nelson M dari dari Papua Mandiri Biliar Club (PMBC) dan Perion Janampa dari One Wick Biliar Club (OWBC) menjuarai Series II Home Pobsi Cup tahun 2019 yang berlangsung di rumah biliar Galaxi jalan Cendrawasih, Minggu (8/9).

Ketua Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesai (Pobsi) Kabupaten Mimika terpilih Rocky Patinama mengatakan, dua putra asli Papua yang menjadi finalis merupakan sejarah baru setelah 10 tahun turnamen tersebut digelar dua putra asli Mimika bertanding di partai final untuk memperebutkan juara 1 dan 2 pada series kedua Home Turnamen Pobsi 2019.

Rocky menjelaskan, sebelumnya pada Series I tampil sebagai juara adalah pebiliar  Ersal dari Timika Indah Biliar Club, Pebiliar Karel Imingkawak dari Papua Mandiri Biliar Club, Pebiliar Selly Huamahu dari One Week Biliar Club, dan Pebiliar Jhon Tebay dari Galaxi Biliar Club berhasil ditumbangkan melalui sistem handicap `(Peringkat dalam permainan biliar bola 9) yang memberikan peluang bagi semua atlet untuk menjadi juara.

"10 tahun terakhir kita buat turnamen baru kali ini adek-adek asli Papua yang masuk final dan menjuarai series kedua itu, jadi juara 1 sampai 4 series pertama itu juaranya beda dengan series kedua ini, dan series ketiga juaranya akan berbeda jadi susah untuk diprediksi, karena kita pakai sistem handicap untuk pemerataan," kata Rocky Patinama ketika ditemui di rumah biliar Galaxi, Minggu malam.

Ia mengakui, apabila turnamen yang dilaksanakan tidak menggunakan handicap atau peringkat dalam permainan biliar bola 9, maka sudah bisa diprediksi altet-atlet mana senior yang akan menjadi juaranya, sedangkan atlet-atlet belum memiliki jam terbang sangat sulit dan tidak diberikan kesempatan untuk menambah jam terbang.

"Kalau tidak pakai sistem begini, juaranya pasti disekitaran senior yang punya skill sudah lebih dari adik-adik yang masih baru, tapi kalau pakai Handicap berarti semua berpeluang," jelasnya.

Dalam partai final tersebut, Nelson dari Papua Mandiri Biliar Club keluar sebagai juara 1 setelah mengalahkan Perion Janampa dari One Wick Biliar Club dengan skor 5-1, sedangkan juara 3 didapat oleh Sudirman dari Doz Biliar Club setelah mengalahkan Agus Salim dari One Wick Biliar Club.

Sementara itu ditanya terkait jumlah atlet biliar asli Papua yang mengikuti Home Turnamen Pobsi 2019, Rocky menjelaskan, banyak atlet biliar asli Papua yang mengikuti turnamen tersebut namun banyak yang gugur di babak penyisihan tersisa dua putra asli Papua yakni Nelson dan Perion. (Tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika