Main Area

pesparawi xiii

Main

Pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara di tingkat nasional

Suasana pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara di tingkat nasional (foto:Ricky Lodar)

 

Timika, Tabukanews.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mimika pada Jumat (9/5) lalu telah melakukan Pleno Rekapitulasi hasil Penghitungan suara di tingkat kabupaten yang berlangsung di gedung Graha Eme Neme Yaware.

Ketua KPU Mimika Indra Ebang Ola mengatakan, usai penetapan hasil rekapitulasi penghitungan suara di tingkat kabupaten selanjutnya akan dibawa ke tingkat Provinsi untuk ditetapkan.

"Langkah selanjutnya kita akan beralih ke tingkat Provinsi," kata Indra usai menutup pleno.

Ia menjelaskan, pleno yang akan dilakukan ditingkat Provinsi untuk DPR Provinsi, nantinya akan dibacakan rekapitulasi penghitungan suara di tingkat kabupaten untuk direkapitulasi secara keseluruhan dari masing-masing Kabupaten untuk memastikan parpol dan caleg dengan suara terbanyak.

"Jadi untuk tingkat provinsi disana kita akan membacakan hasil rekapitulasi perolehan suara parpol maupun caleg untuk tingkat provinsi selanjutnya diserahkan untuk tingkat RI akan dilanjutkan oleh KPU provinsi," jelasnya.

Sementara itu ditanya terkait, penetapan kursi caleg DPRD Mimika. Kata Indra, pihak KPU kabupaten Mimika hanya sebatas menetapkan dan mengesahkan hasil perolehan suara yang telah diputuskan di masing-masing distrik, sedangkan masalah kursi akan ditentukan oleh KPU RI beserta di kolektif.

"Untuk penetapan kurus itu kita hanya punya kewenangan untuk mengesahkan apa yang telah diputuskan di tiap-tiap distrik, kalau untuk masalah kursi langsung di KPU RI dan SK-nya SK kolektif," ungkapnya. (Jrl).

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika