Main Area

Main

Pilkades Mimika, 250 Personel Gabungan Back Up Bhabinkamtibmas dan Babinsa

 

 

Timika, TabukaNews.com – Mengantisipasi ganguan keamanan dan ketertiban dalam Pemilihan Kepala Kampung (Pilkades) Tahun 2019,  pada 132 Kampung di Kabupaten Mimika, Kepolisian Resor Mimika mengerahkan sebanyak 250 personel gabungan TNI - Polri diterjunkan memback up Bhabinkamtibmas dan Babinsa di setiap kampung.

Pengamanan dengan melibatkan personel tersebut karena dipredikisi tingkat kerawanan yang muncul pada tahapan pilkades, sekalipun memiliki lingkup yang jauh lebih kecil tetapi kerawanannya lebih tinggi dibandingkan dengan pemilihan legislatif (pileg) atau pemilu presiden sekalipun. 

"Anggaran kampung cukup besar, Rp.1,5 Miliar. Sehingga diprediksi akan ada perebutan Kepala Kampung. Tingkat kerawanan ini harus diantisipasi. Pengamanan menitikberatkan pada Bhabinkamtibmas dan Babinsa. diback up dengan personel yanh sudah disiagakan " ujar Kabag ops Polres Mimika, Jumat (13/12), di halaman Kantor Pelayanan Masyarakat Polres Mimika, Jalan Cenderawasih. 

Kabag Ops mengatakan, penambahan personel tersebut lantaran pihaknya telah mempredikisi tingkat kerawanan yang muncul pada tahapan Pilkades. Dimana, menurutnya meski memiliki lingkup yang jauh lebih kecil tetapi kerawanannya lebih tinggi dibandingkan denhan Pemilihan legislatif (Pileg) atau Pemilu Presiden sekalipun.

Kabag ops menambahkan pengamanan yang dilakukan dikota sementara untuk di distrik terluar dan di peguningan langsung di beck up oleh bahbinkantibmas dan babinsa serta personil di polsek dan koramil di wilayah masing masing. 

"Masing-masing personel baik yang di pesisir maupun pengunungan yang bertugas disana, langsung melakukan pengawalan. Sampai sejauh ini belum ada tanda-tanda pergerakan massa. Diharapkan agar semua berjalan lancar," harap Kabag Ops. (tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika