Main Area

bayar pajak daerah
pesparawi xiii kab mimika
PON XX Papua

Main

Pesparawi Mendekat, 2.000 Lebih Penyanyi Siap Datang ke Mimika

Timika, TabukaNews.com -  Wakil Bupati Kabupaten Mimika, Johannes Rettob sekaligus sebagai Ketua Umum Panitia Pelaksana Pesta Paduan Suara Gerejawi (Pesparawi) ke-13 se-Tanah Papua mengatakan, persiapan program sudah 95%, sisanya tinggal eksekusi pada hari pelaksanaan kegiatan nantinya. Perihal ketersediaan dana juga menjadi faktor vital dalam perampungan berbagai kegiatan persiapan. Pihaknya sedang menunggu pendanaan itu.

Sesuai komitmen sedari awal, kegiatan Pesparawi jadi dilaksanakan mengikuti kegiatan PON 20 Papua, di mana Kabupaten Mimika menjadi bagian tuan rumah atau klaster penyelenggara kegiatan akbar nasional itu. Hal ini berhubung dengan beberapa venue PON nantinya juga akan digunakan sebagai tempat perlombaan Pesparawi. 

Demikian dikatakan Wabup Rettob usai mengikuti rapat virtual terkait kegiatan itu dengan Lembaga Pengembangan Pesparawi Daerah (LPPD) se-Papua, Jumat (20/08/2021) Kegiatan dipastikan berjalan pada 30 Oktober hingga 6 November 2021. Panpel di Mimika terus melaksanakan pematangan persiapan kegiatan itu.

Lagi katanya, kegiatan itu akan diikuti oleh 18 Kabupaten/Kota se- Papua, dengan jumlah peserta sekitar 2.000 orang. Jumlah itu masih bisa bertambah, menunggu kepastian beberapa daerah lainnya, yang menunggu kurva Covid di Mimika melandai dan jadi zona hijau. Perihal ini, Pemkab Mimika terus menggalakkan program vaksinasi Covid-19, dengan target 1.000 dosis per hari sehingga diharapkan lebih cepat mencapai mencapai herd immunity / kekebalan kelompok masyarakat terhadap dampak Covid-19.

Ia membeberkan, pandemi Covid-19 menyebabkan diundurnya kegiatan itu dari tahun 2020 kemarin, sehingga menyebabkan kontingen dari mayoritas peserta tidak full mengikuti 12 kategori lomba Pesparawi. Baru Kabupaten Mimika dan Biak Numfor yang menyatakan ikut seluruh 12 kategori lomba itu.

Johannes Jhon Rettob Ketua Umum Panpel Pesparawi 13 se-Tanah Papua, yang juga Wakil Bupati Mimika itu mengungkapkan, dari hasil rapat virtual terungkap bahwa LPPD se-Papua tidak menginginkan penundaan pelaksanaan lagi, karena persiapan yang dilakukan sudah dilakukan sejak lama dan hal itu membutuhkan dana yang tidak sedikit. Pelaksanaan Pesparawi di tahun 2021 ini menjadi keharusan, yang akan dilanjutkan dengan digelarnya musyawarah untuk kelanjutan Pesparawi ke depannya.

Wabup Rettob berharap segala persiapan bisa dijalankan lebih matang di Mimika sebagai tuan rumah, sehingga ke depan tidak ada kendala berarti dalam pelaksanaan Pesparawi ke-13 se-Tanah Papua di Kabupaten Mimika pada 30 Oktober hingga 6 November nantinya.(Manu)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika