Main Area

Pelantikan dprd mimika

Main

Personil TNI-Polri Bubarkan Kegiatan KNPB di Lapangan Timika Indah

Massa KNPB saat berjalan menuju Lapangan Timika Indah./Foto : Istimewa

TIMIKA, TABUKANews.com - Aparat gabungan TNI-Polri pada hari Senin, (10/12) pagi memburbarkan kelompok organisasi KNPB  di lapangan Timika Indah.

"Kita bubarkan mereka karena KNPB ini sudah tidak terdaftar di Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik (KESBANGPOL), mereka lakukan kegiatan ini katanya peringatan HAM, namun saat kegiatan ada bendera dan simbol - simbol Papua merdeka,"ungkap Wakapolres Mimika kompol Nyoman Punia S.Sos,  saat ditemui di Kantor Sentra Pelayanan Polres Mimika.

Dikatakan Wakapolres Mimika, Kompol I Nyoman Punia bahwa dengan dibubarkan kegiatan yang dilakukan KNPB dimana kegiatan tersebut tidak mempunyai izin dan juga organisasinya tidak terdaftar di Kesbangpol Kabupaten Mimika.

"Kan tidak ada izin nah dengan dasar itu kita bubarkan mereka dalam kegiatan apapun juga. Kita langsung blokade mereka dan tidak sampai lima menit mereka bubar, kerena rencana mereka mau ke DPRD,"ungkapnya.
 
Kegiatan tersebut dibubarkan oleh TNI-Polri. Selain itu juga beberapa atribut KNPB yang dinawah juga diamankan.

"Tidak ada yang ditahan, cuman bubarkan dan antar mereka kembali ke rumah masing-masing. Kita masih dalam penyelidikan, tapi kalau terlibat diluar jalur hukum maka akan proses secara hukum,"katanya.

Sebelumnya massa kelompok Organisasi KNPB dihadang aparat keamanan di Perempatan Jalan Yos Sudarso - Jalan  Serui Mekar. Karena mereka menyampaikan hanya akan melakukan orasi dalam rangka Hari HAM sehingga mereka diijinkan sampai di Lapangan Timika Indah. (tim)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika