Main Area

pesparawi xiii
HUT Republik Indonesia Ke 75
HUT Republik Indonesia Ke 75
HUT Republik Indonesia Ke 75

Main

Persoalan di PT PAL Semakin Rumit

Timika, TabukaNews.com - DPRD Mimika akhirnya mengambil suatu keputusan akan membentuk Pansus untuk menangani persoalan yang terjadi di Perusahaan sawit PT Pusaka Agro Lestari (PAL). Hal ini disampaikan tegas oleh anggota DPRD Mimika, Nurman Karupukaro seusai menerima dokumen aspirasi masyarakat pemilik gak ulayat di PT PAL pada Jumat (3/7) di Kantor DPRD Mimika.

"Kami sudah terima dokumen aspirasi masyarakat, yang mana mereka sudah gugat PT. PAL kedalam hukum. Dan saya pikir ini DPR segera bertindak akan bentuk Pansus. Kami sudah laporkan ke ketua DPRD," kata Nurman.

Nurman juga menilai, bahwa perusahaan sawit PT. PAL telah mengabaikan beberapa janji, baik dalam kontrak dengan masyarakat maupun kepada pemerintah daerah.

"Masyarakat merasa semacam tertipu dengan janji-janji juga pelaksanaan kegiatan PT.PAL. Sudah 8 tahun berdiri di sana tetapi janji yang disampaikan untuk membangun pabrik pengolahan minyak kelapa sawit sampai hari ini tidak ada. Tapi aktivitas dilahan masyarakat hal ulayat terus-menerus, yang mengakibatkan masyarakat tidak dapat apa-apa,baik dari hasil kayu dan lain sebagainya,"ucapnya.

Untuk penanganan persoalan di PT. PAL, kata Politisi Partai Gerindra ini juga akan menggandeng lembaga adat yaitu Lemasko dan Lemasa, serta akan menghadirkan pemerintah Provinsi dan Kabupaten untuk segera mengambil langkah-langkah.

"Kita juga minta Polda Papua untuk segera turun tangan, karena ini sudah menyangkut pelanggaran hukum. Kita sudah mempelajari kasus yang mana mereka mengingkari beberapa item,karena inikan bersangkutan dengan hutan dan itu beberapa kementerian dan dinas yang terlibat dalam situ,"katanya.

Menurut Nurman, masyarakat sudah merasa tidak enak dengan perusahaan sawit tersebut, sehingga semua aktifitas yang ada di PT. PAL harus dihentikan sebelum ada proses lanjutnya.

"Jadi saya minta pak Bupati harus menindak tegas PT. PAL, dan pak Bupati harus memerintahkan kepala dinas untuk segera tutup PT. PAL, dan kalau masih mau melawan kita minta Polda turun tangan," tegasnya. (tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika