Main Area

Main

Persiapan PON XX Tahun 2020 Sekretaris PB PON Papua Gelar Pertemuan dengan SUB PB PON Claster Mimika

TIMIKA, TABUKANews . Com - Dalam Rangka pelaksanaan PON ke XX tahun 2020 di Papua, Sekretaris PB PON Propinsi Papua, Yosep Yambe Yabdi, ST. MT menggelar pertemuan dengan Pengurus SUB PB PON Claster Mimika.

Pada pertemuan  tersebut dihadiri Sekda Mimika, Ausilius You selaku Ketua SUB PB PON Claster Mimika, Sekretaris SUB PB PON Claster Mimika Ceaser Alvianto Tunya, Kapolres Mimika, AKBP Agung Marlianto beserta Jajarannya, anggota KONI Kabupaten Mimika serta sejumlah Kepala Dinas dilingkup Pemkab Mimika bertempat di Hotel Grand Mozza Timika Jalan Cendrawasi Sp 2, Selasa (28/8).

Sekretaris PB PON Propinsi Papua, Yosep Yambe Yabdi  dalam kesempatan tersebut mengatakan pertemuan ini bertujuan untuk membahas persiapan dari SUB PB PON Claster Mimika dalam menghadapi pelaksanaan PON ke XX tahun 2020 mendatang. 

Ia juga memaparkan beberapa poin yang mesti di persiapkan oleh Claster Kabupaten Mimika dalam menuju PON yakni, persiapan  konsumsi, akomodasi, transportasi, vanues dan peralatan pertandingan PON ke XX dan Papernas XVI papua 2020.

Dijelaskan,   dalam menyonsong pelaksanaan PON nantinya diharapkan Claster yang ada sudah mulai mempersiapkan berbagai persiapan yang akan di butuhkan pada pelaksanaan PON. 

Tak hanya itu, Yosep Yambe berharap agar di SUB PB PON Claster Kabupaten Mimika sangat diperlukan keterlibatan semua pihak bukan hanya pengurus SUB PB PON saja melainkan keterlibatan Pemerintah daerah dalam hal ini melalui OPD terkait. 

Ia berharap, dalam menjalankan segala persiapan seperti, akomodasi, konsumsi, transportasi venues peralatan serta persiapan lainnya dalam menunjang pelaksanaan PON perlu keterlibatan semua OPD terkait. 

"Dalan persiapan PON mendatang tidak hanya dikerjakan oleh pengurus PB PON saja akan tetapi keterlibatan dari setiap OPD yang ada itu  sangat diperlukan jadi semua dinas terkait meski terlibat aktif dalam mempersiapakan segala kesiapan untuk palaksanaan PON nantinya," harapnya.

Kepada Pemerintah Kabupaten Mimika, kata dia, dalam hal ini OPD terkait agar mulai sekarang segala bentuk kegiatan mulai di persiapkan.

Dikatakan,  saat ini ada 50 cabang olahraga  (Cabor) yang ikut pada pelaksanaan PON untuk Claster Mimika sendiri ada sembilan (9) Cabor yang dimana Timika menjadi tuan rumah Cabor  sepak bola,  golf, futsal,  mauythai, atletik, basket 5x5, judo, basket 3x3 dan biliard. 

"Jadi sesuai dengan SK yang dikeluarkan dari Pusat bahwa ada sembilan Cabor yang akan di pertandingkan di Mimika nantinya, " tuturnya.

Sementara itu,  Ketua SUB PB PON Claster Mimika, Ausilius You mengatakan terkait segala bentuk persiapan tengah dijalankan saat ini. 

Dikatakan, pengurus SUB PB PON Claster Mimika bersama OPD terkait akan melaksanakan semua persiapan seperti yang disampaikan oleh Sekretaris PB PON propinsi Papua. 

"Kami optimis bahwa apa yang telah di sampaikan Sekretaris PB PON Propinsi Papua akan di tindaklanjuti oleh pengurus SUB PB PON Claster Mimika bersama setiap OPD yang ada. Dan saya optimis bahwa PON ke XX Tahun 2020 akan berjalan dengan lancar," katanya. 

You berharap agar aparat Kepolisian Polres Mimika agar tetap menjaga situasi Kamtibmas yanga ada di kabupaten Mimika ini,

Dalam kesempatan yang sama sekretaris SUB PB PON  Claster Mimika, Ceasar Avianto Tunya mengatakan, berkaitan dengan kesiapan sarana dan prasana serta pendukung lain itu menjadi perhatian pihaknya kedepan. 

Ia menyebutkan, fasilitas yang sudah dibangun oleh Freeport untuk dikordinasi ke  Pemkab Mimika dan Pemprov Papua sesuai dengan surat yang dilayangkan  oleh Pemkab Mimika dalam hal ini Bupati Mimika kepada Freeport dan Freeport  siap mendukungnya.

"Saya berkeyakinan bahwa kita akan sukses melaksanakan PON ini nantinya. 

Dan kami sangat mengharapkan agar apa yang disampaikan oleh pak Sekretaris PB PON Propinsi Papua akan kita tindaklanjuti dalam waktu dekat," katanya.

Sementara itu kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto mengatakan ini suatu kehormatan yang luar biasa bagi masyarakat di Kabupaten Mimika. 

"Hajatan ini perlu kita sukseskan bersama dan kami dari TNI Polri siap mendukung penuh pada pelaksanaan PON mendatang," tegasnya. 

Dikatakan, untuk situasi saat ini di Kabupaten Mimika cendrung relatif aman. 

 "Saya berharap kepada seluruh elemen masyarakat untuk bersama TNI-Polri  terus menjaga Kamtibmas yang aman dan kondusif demi suksesnya pelaksanaan PON nantinya. Tak hanya itu saya juga mengimbau kepada masyarakat Mimika agar terus menjaga Kamtibmas yang ada karena situasi kamtibmas yang aman dan kondusif adalah pilihan dari masyarakat itu sendiri," bebernya. 

Diakhir kegiatan tersebut dilangsung dengan penyerahan SK Cabor dari PB PON Pusat untuk Cabor yang dipertandingkan di Claster Mimika. Dan penyerahan SK tersebut diserahkan oleh Sekretaris PB PON Propinsi Papua dan diterima oleh Ketua SUB PB PON Claster Mimika, Ausilius You bersama Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto. (Tim/TB)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika