Main Area

Main

Perlu Keterlibatan Instansi Lain Perangi Narkoba

Suasana sosialisasi yang dilakukan oleh BNN Kabupaten Mimika bersama instansi terkait / Tim Tabukanews.com

 

 

 

Timika, Tabukanews.com - Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Mimika mengadakan sosialisasi terkait Instruksi Presiden nomor 6 tahun 2018, yang mana perlu keterlibatan instansi terkait dalam hal pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika di Kabupaten Mimika yang berlangsung di Hotel Emerald Hotel, Kamis (1/8).

Asisten Bidang Pemerintahan Setda Kabupaten Mimika Demianus Katiop dalam sambutannya mengatakan, terkait Instruksi Presiden (Inpres) nomor 6 tahun 2018 tentang rencana aksi nasional terhadap pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika, pada kesempatan ini mewakili Pemerintah mengajak seluruh instansi untuk bersama-sama melakukan aksi P4GN di Kabupaten Mimika.

"Menyampaikan perihal Inpres 6 tahun 2018 tentang rencana aksi nasional pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika, saya mengajak seluruh instansi untuk bersama mencegah dan memberantas penyalahgunaan narkotika," kata Demianus dalam sambutannya, Kamis (1/8).

 

Rencana aksi tersebut akan sebagai upaya strategis antar instansi dalam bekerjasama baik instansi vertikal maupun instansi dibawa naungan Pemkab demi mencegah, memberantas peredadan narkoba di Timika hingga kepada instansi pemerintahan yang paling bawah.

"Meningkatkan upaya strategis untuk kerjasama antar instansi baik daerah maupun instansi vertikal yang ada di daerah," ungkapnya.

Apa yang dilakukan, tentunya harus didukung oleh pendanaan oleh Pemerintah, sehingga kegiatan yang akan dilaksanakan dapat terlambat dengbaik.

 

"Melalui DPA dengan pendanaan khusus untuk memberantas narkoba, karena dilihat bawasanya tugas mereka sebagai pembina kemasyarakatan," katanya.

Sementara itu pada kesempatan yang sama Kepala BNN Kabupaten Mimika Kompol. Mursaling, SH, MH mengatakan, pertemuan yang dilakukan oleh sebanyak 15 instansi pemerintah baik vertikal maupun instansi pemerintah daerah untuk membahas terkait instruksi presiden nomor 6 tahun 2018 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika tahun 2018-2019.

 

"Penggiat anti narkotika khususnya instansi pemerintah, dimana kami mengundang 15 instansi/OPD untuk membahas berkaitan dengan instruksi Presiden nomor 6 tahun 2018 bahwa semua instansi atau OPD wajib melakukan kegiatan sosialisasi deteksi dini dan membuat regulasi," kata Mursaling.

Ia menjelaskan, tujuannya agar Mimika bersih dari narkoba setelah adanya aksi yang akan dilakukan oleh instansi pemerintah.

"Bagaimana supaya di Mimika bersih dari narkoba," jelasnya. Tim).

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika