Main Area

Main

Peringati HUT RI, Seribu Bendera Ditancapkan

perwakilan pramuka dari masing-masing Saka dan Gugus Depan saat melaksanakan apel Kebangsaan / Tim Tabukanews.com 

 

Timika, Tabukanews.com - Memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia pada tanggal 17 Agustus, Kwartir Cabang (Kwarcab) 2608/Mimika melaksanakan kegiatan apel kebangsaan di lapangan Eks Pasar Swadaya jalan Yos Soedarso, Jumat (9/8) sekaligus menancapkan seribu bendera yang akan dimulai dari Pomako, Distrik Miktim hingga Kuala Kencana.

Hadir dalam apel tersebut perwakilan dari Saka Bahari (AL), Saka Dirgantara (AU), Saka Wira Kartika (AD), Saka Bhayangkara (Polri), dan beberapa Gugus Depan (Gudep) perwakilan dari sekolah-sekolah.

Wakil Ketua Kwarcab 2608/Mimika, James Parera mengatakan, kegiatan apel kebangsaan dan penancapan seribu bendera merupakan program kerja dari Kwarcab/2608 Mimika yang bertujuan untuk membentuk karakter generasi penerus bangsa yang telah terkontaminasi dengan kehidupan yang tidak menghargai arti sebuah perjuangan.

“Dalam rangka HUT RI ini enerasi penerus bangsa ini kita harus terus bentuk karakter mereka dengan rasa cinta terhadap negara itu sendiri,” kata James usai memberikan arahan kepada anggota Pramuka di halaman Eks Pasar Swadaya, Jumat (9/8).

Sebab. Kata dia, generasi saat ini banyak yang tidak memaknai arti sebuah perjuangn hingga memperoleh kemerdekaan. Oleh sebab itu, tujuan penancapan bendera tersebut agar menyampaikan kepada seluruh masyarakat Mimika agar memasang bendera merah putih untuk memperingati kemerdekaan Indonesia, selain itu juga menumbuhkan rasa cinta tanah air pada generasi bangsa.

“Jadi setiap rumah itu ada bendera merah putih, nuansa diakhir-akhir generasi kita saat inikan macam upacara bendera itu tidak sama seperti kita yang dulu-dulu tidak bermakna,” terangnya.

Ia berharap dengan menumbuhkan rasa cinta tanah air dan berjiwa nasionalisme tidak hanya ada pada Pramuka tapi harus ditularkan untuk semua komponen bangsa lainnya, sehingga rasa cinta tanah air bisa digelorakan lagi untuk generasi saat ini.

“Harapan kami karakter ini kita harus masuk di semua lini, di sekolah, jadi pramuka juga mengikuti itu, sehinga kita lihat mulai kurikulum yang baru ini pramuka ini masuk dalam ekskul wajib, jadi harus konek dengan gerakan pramuka,” harapnya. (Tim).

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika