Main Area

Main

Peringati HUT Mapurujaya ke 42, Distrik Miktim Tampilkan Dua Produk Unggulan

 

TIMIKA, TABUKANews.com - Memperingati Hari Ulang Tahun HUT Mapurujaya yang ke 42. Distrik Mimika Timur (Miktim) akan menampilkan dua produk unggulan kepada pimpinan daerah serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) sehingga mama-mama Kamoro bisa diberdayakan.

Dua produk unggulan tersebut diantaranya, Buah manggrove dan sagu. Kedua produk tersebut akan dikelola oleh mana-mana asli Mapurujaya untuk mengelolanya menjadi dodol dan sagu yang dikemas untuk dipasarkan keluar daerah.

"Ulang tahun Mapurujaya, kami akan menandai produk unggulan yaitu buah manggrove dan sagu," kata Kadistrik Miktim Marike Warinussy saat ditemui di Rujab Kadistrik di Mapurujaya, Sabtu (18/8).

Ia mengakui selama ini nama-nama Kamoro yang dipilih untuk mengikuti berbagai kegiatan dalam hal pengelolaan manggrove dan sagu tidak memberikan dampak yang baik. Akibat dari kegiatan yang dilakukan cuma sesaat. Selain itu ilmu yang didapat tidak bisa diimplementasikan karena berbagai keterbatasan.

"Kita sangat sayangkan adanya kegiatan dari dinas-dinas tapi hanya sebentar saja dan akan hilang lagi," akunya.

Ia mengharapkan dengan adanya kegiatan yang dilakukan pada saat HUT Mapurujaya bisa menarik minat dari dinas terkait agar bisa memberdayakan mama-mama Kamoro dengan dua produk unggulan tersebut.

"Nomen yang akan saya tunjukkan terutama pada pejabat pada saat HUT Mapurujaya kepada pimpinan daerah bahwa si Distrik Miktim ada produk unggulan yang harus diangkat," harapnya.

Ia menambahkan, selama ini pengelolaan dua produk unggulan tersebut sedang berjalan dan hasilnya cukup menjanjikan baik bagi daerah maupun mana-mana Kamoro.

"Mereka sedang berjalan," tambahnya. (Rfl/TB)

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika