Main Area

Pelantikan dprd mimika

Main

Peringati HUT Lantas, Kapolres Harap Ada Terobosan Baru Tekan Angka Kecelakaan

foto: Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto S. IK. MH / Dok.Tabukanews.com

Timika, Tabukanews.com - Kapolres Mimika AKBP Agung Marlianto S. IK. MH mengatakan, Peringati HUT Lantas ke 63, Kapolres Mimika harapkan adanya terobosan baru guna menekan angka kecelakaan di jalan raya.

"Jadi berangkatnya dari jalan. Karena jalan itu merupakan urat nadi yang menopang keberhasilan akselerasi pembangunan. dan keberadaan jalan di Mimika ini masih tidak terkoneksi secara baik," kata Kapolres ketika ditemui di Mapolres 32, Senin (24/9).

Hal tersebut menjadi pekerjaan rumah bagi Pemkab Mimika, dalam hal ini Instansi terkait dan pihak Kepolisian maupun jasa Raharja agar bisa duduk bersama dan membahas hal tersebut dan mencari solusi dari permasalahan yang ada baik, titik-titik rawan kecelakaan, dan kesalahan manusia akibat miras.

"Menjadi pekerjaan rumah bagi Pemerintah, dan penyelenggaraan jalan raya perlu duduk bersama untuk membuat formula untuk menentukan black spot dan trouble spot, jalan mana yang macet atau rawan laka lantas yang berakibat fatal terhadap koran," ungkapnya.

Ia mengungkapkan, terjadinya kecelakaan akibat kondisi cuaca hujan hingga menyebabkan jalan menjadi licin, dan kondisi jalan yang berlobang, dan ditambah dengan kelalaian manusia akibat miras dan tidak menaati peraturan lalulintas.

"Itu harus ada terapi supaya tidak terulang lagi dikemudian hari. Karena kecelakaan itu terjadi karena 3, yaitu Hujan Eror, cuaca dan jalan," ungkapnya.

Oleh sebab itu dalam rangka HUT lantas perlunya terobosan baru guna menekan angka kecelakaan dan menjadi pelopor keselamatan berlalu lintas.

"Ini adalah salah satu gagasan dalam rangka pelopor keselamatan berlalulintas di HUT lalu lintas," tambahnya. (Rfl).

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika