Main Area

pesparawi xiii
dprd kabupaten mimika

Main

Peringati HARGANAS, TP-PKK Kabupaten Mimika Gelar Lomba Cipta Menu Pangan Lokal

Timika,TabukaNews.com - Dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas), Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Mimika menggelar lomba cipta menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) yang digelar digedung Tongkonan, Sabtu (11/7).
Kegiatan tersebut digelar dengan tujuan melestarikan pangan lokal di Kabupaten Mimika yang diikuti oleh 18 peserta dari masing-masing PKK distrik, kelurahan, dan PKK kampung.
Wakil Ketua II TP-PKK Kabupaten Mimika Ny. Suzy Rettob saat membacakan sambutan Ketua TP-PKK Mimika Ny. Kalina Omaleng mengatakan, bahwa kegiatan yang diselenggarakan oleh Pokja III dan bagian Sekretariat adalah upaya diversifikasi pangan dan memasyarakatkan pola konsumsi B2SA.
“Potensi besar pangan lokal sumber karbohidrat atau non beras yang ada baik di perkarangan rumah, kebun dan ladang tersedia di Mimika namun pengolahannya masih kurang,” tuturnya
Lanjutnya, produk pangan non beras perlu diversifikasi makanan olahan yang berasal dari pangan lokal dan tetap mempertahankan nilai gizi yang seimbang untuk menuju hidup sehat, cerdas dan produktif.
“Melalui Lomba Cipta Menu ini saya berharap dapat diaplikasikan secara permanen dan massal pada seluruh masyarakat yang berdampak positif meningkatkan nilai tambah produk makanan, pendapatan ekonomi rumah tangga dan memanfaatkan perkarangan untuk ditanam sebagai bahan pangan lokal,” harapnya.
Pada akhir lomba, PKK Distrik Kuala Kencana terpilih sebagai juara 1 Lomba Cipta Menu Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman (B2SA) dengan perolehan nilai tertinggi 2.590.
Juara II PKK Kelurahan Timika Indah Distrik Mimika Baru dengan nilai 2.555 dan juara III Distrik Mimika Timur dengan nilai 2.545
Sementara juara harapan I dengan nilai 2.540 diraih Distrik Iwaka, juara harapan II dengan nilai 2.494 Kampung Limau Asri dan harapan III diraih Distrik Kwamki Narama dengan nilai 2.485.
Kegiatan tersebut ditutup secara resmi oleh Wakil Bupati Mimika Johannes Rettob yang berharap agar TP-PKK Kabupaten Mimika terus meningkatkan inovasi pelayanan dalam mensejahterakan keluarga Mimika.
"Apresiasi besar buat ibu-ibu PKK yang telah membantu pemerintah dalam melayani masyarakat. Terus berkarya untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat," imbuhnya. (tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika