Main Area

pesparawi xiii
ulang tahun ke 36

Main

Peringati HANI Secara Virtual,BNN Mimika Gelar Nonton Bareng Dengarkan Pidato Wakil Presiden

Timika, TabukaNews.com - Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kali ini dalam peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) ke 32 tanggal 26 Juni, Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Mimika menggelar secara Virtual. Peringatan HANI digelar di gedung Bobaigo,Keuskupan Timika, Jumat (26/6) dengan agenda mendengarkan pidato Wakil Presiden RI Ma'ruf Amin secara live virtual.

Dalam mendengarkan pidato Wakil Presiden secara live ini disaksikan langsung oleh Sekda Mimika, Marten Paiding, perwakilan Forkopimda dan tamu undangan. Sebelum mendengarkan pidato Wakil Presiden. Kepala BNNK Mimika, Kompol Mursaling dalam laporan menyampaikan bahwa dalam peringatan Hari Anti Narkotika Internasional (HANI) tahun 2020 ini mengusung tema nasional yaitu "hidup 100 % di new normal sadar,sehat,produktif dan hidup bahagia tanpa narkoba".

"Kali ini momennya kita akan dengarkan pidato Wakil Presiden secara live,"katanya.

Disampaikan Mursaling,berdasarkan hasil penelittan badan narkotika nasional bekerjasama dengan pusat penilitian masyarakat dan budaya lipi pada tahun 2019,bahwa trend prevalensi narkotika di Indonesia setahun terakhir pake sebesar 1,80 % atau setara dengan 3.419.188 orang, sedangkan untuk angka pravelensi penyalahgunaan narkotika sekali pakai seumur hidup tahun 2011 sebanyak 2.40 % atau setara dengan 4,530.000 orang.
"Dengan demikian kita menyelamatkan penduduk Indonesia sekitar 1.000.000 jiwa," kata Mursaling.

Sebagai bentuk penajaman peran stakeholder terutama instansi pemerintah pusat maupun pemerintah daerah, telah di keluarkan instruksi Presiden no 2 tahun 2020 tentang rencana aksi nasional penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika pencegahan dan pemberantasan dan prekursor narkotika (P4GN) tahun 2020-2024.

"Inpres ini menitik beratkan pada rencana aksi kementiran atau lembaga dan pemerintah daerah guna mendukung program P4GN," kata Mursaling.

Sementara untuk langka strategis yang dilakukan BNN dalam perang melawan narkotika, kata Mursaling ,pertama melalui strategi Demand Reduction berupa aktivitas pencegahan agar masyarakat memiliki ketahanan diri dan imun terhadap penyalahgunaan narkotika.

"Selain itu juga melalui strategi supply reduction,yakni aspek penegakan hukum yang tegas dan terukur dalam menangani sindikat narkotika. Dan juga dilakukan rehabilitasi bagi para pecandu,"katanya.

Mewakili Pemerintah Kabupaten Mimika, Pj Sekda Kabupaten Mimika Marthen Paiding menyampaikan, dalam memperingati HANI merupakan wujud kita dalam melakukan perlawanan terhadap kejahatan luar biasa yang masih menjadi tantangan negara-negara di dunia termasuk di Indonesia.

"Sebab penyalahgunaan narkotika merupakan kejahatan serius, terorganisir dan bersifat lintas negara yang dapat menimpa seluruh lapisan masyarakat, sehingga menimbulkan kerugian yang sangat besar, terutama dari segi kesehatan, sosial, ekonomi, dan keamanan," terangnya.

Menurut Marthen,saat ini Indonesia sedang gempar gemparnya memberantas penyalahgunaan narkoba, namun disaat yang sama, usaha tersebut tidak menyurutkan para pengedar untuk tetap mengedarkan narkoba kepada generasi melenial.

"Melalui tema ini, kita memaknai HANI sebagai momentum untuk kembali hidup sehat 100 persen dengan dimensi sadar, sehat, produktif dan bahagia di tengah wabah pandemi covid-19," ungkapnya.

Tidak lupa juga ia mengapresiasi kerja keras Badan Narkotika Nasional (BNN) dalam upaya menanggulangi narkoba, baik dalam bidang pengurangan permintaan maupun pengurangan pasokan. Serta telah membentuk satgas antinarkoba di seluruh daerah dengan melibatkan semua elemen masyarakat.

"Saya tegaskan bahwa saatnya kita perang melawan narkoba. Mari kita saling bersinergi dalam menjaga Kabupaten Mimika dari lalu lintas peredaran dan perdagangan narkoba, apalagi menjadi tempat produksi obat-obatan terlarang tersebut, sehingga harapan kita dalam menciptakan masyarakat
yang aman, damai dan sejahterah dapat terwujud,"tutupnya.(Tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika