Main Area

Main

Peringatan HUT TNI AL ke 73

foto: Suasana Upacara dalam rangka memperingati HUT TNI AL / Dok.Tabukanews.com

Timika, Tabukanews.com - Pangkalan TNI-AL Timika menggelar Upacara dalam rangka memperingat Hari Ulang Tahun HUT TNI AL ke 73 yang berlangsung di kantor perwakilan Lanal Timika yang berlokasi di jalan Freeport lama, Senin (10/9).

Tema yang diusung dalam Peringatan HUT TNI AL kali ini "Bersama Rakyat TNI-AL Siap Membangun Bangsa Guna Mewujudkan Kesejahteraan Melalui Laut".

Hadir dalam upacara tersebut, bertindak selaku Inspektur upacara Komandan Lanal Timika Letkol Laut (P) Yadi Mulyadi, SE, Komandan Upacara Dan Satma Lanal Timika Lettu Laut (P) Achmad Zaini, Paur Opslat Lanal Timika Perwira Upacara Letda Laut (P) Aji Pramono dengan susunan pasukan upacara 1 Regu Perwira Lanal Timika,1 Ton Bintara Lanal Timika, 1 Ton Tamtama Lanal Timika, 1 Regu PNS Lanal Timika, 1 Ton Saka Bahari didikan Lanal Timika.

Danlanal Timika Letkol Laut (P) Yadi Mulyadi saat membacakan amanat Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana Ade Supandji mengatakan, Upacara dalam rangka memperingati HUT TNI AL pada hari ini memiliki arti yang sangat penting bagi seluruh prajurit AL.

Sebab. Kata dia, berdasarkan fakta sejarah pada tanggal 10 September 1945 merupakan tonggak berdirinya TNI AL. Dalam kurun waktu 73 tahun, telah banyak poengorbanan jiwa dan raga dari para pejuang dalam memperjuangkan dan mempertahankan NKRI di laut.

Oleh karena itu, sebagai generasi penerus sudah sepantasnya harus meneladani semangat patriotisme, keikhlasan dan pengorbanan para pejuang pendiri Angkatan Laut. Wujud pengabdian tersebut dapat diiplementasikan melalui dedikasi, loyalitas dan kerja keras serta mencurahkan segenap kemampuan yang dimiliki demi kejayaan Angkatan Laut.

"Hari ini merupakan hari yang sangat penting bagi seluruh prajurit TNI AL, karena genap berusia 73 tahun," kata Yadi Mulyadi, Senin (10/9).

Lanjut Mulyadi, sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki potensi ekonomi yang sangat besar, sumber daya laut yang melimpah, namun belum dapat dimanfaatkan secara maksimal untuk kemajuan bangsa.

Untuk mewujudkan suatu bangsa Maritim yang berjaya di laut terus berupaya meningkatkan kekuatan dan kemampuannya dengan melaksanakan pembangunan dan pembinaan secara terus menerus, sehingga mampu memberikan jaminan stabilitas keamanan Maritim baik di wilayah perairan Yurisdiksi Nasional Indonesia maupun di kawasan, yang pada akhirnya meningkatkan kesejahteraan Bangsa.

"Indonesia merupakan bangsa maritim yang memiliki potensi alam yang besar di bidang kelautan harus terus meningkatkan kemampuan dan kekuatan sehingga mampu menjaga stabilitas keamanan," lanjutnya.

Dalam amanat tersebut ditekankan pada 5 point penting diantaranya, pelihara dan tingkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Tuhan, tingkatkan kualitas diri sebagai prajurit TNI AL sehingga pelaksanaan tugas bisa dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab, dan perlu memelihara alutsista yang telah dipercayakan agar bisa mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas secara optimal.

"Perlu ditekankan kepada seluruh prajurit TNI agar selalu bertaqwa kepada Tuhan, dan selalu meningkat kualitas diri, dan tidak kalah pentingnya merawat Alusista yang diberikan kepada kita," ungkapnya. (Rfl).

2019 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika