Main Area

bayar pajak daerah
pesparawi xiii kab mimika

Main

Peringatan HUT Bhayangkara ke 75, Kapolres Laporkan Situasi Kamtibmas Mimika kepada Presiden

 

Timika,TabukaNews.com - Upacara  peringatan HUT Bhayangkara ke 75, Kamis (1/7) yang dilakukan secara virtual dari Istana Negara, Jakarta, dan tersambung langsung dengan seluruh jajaran Polda dan Polres di Indonesia. 

Presiden Joko Widodo pada acara HUT Bhayangkara ke 75 meminta laporan situasi kamtibmas terkini di sejumlah Polres  di wilayah Indonesia. 

Polres Mimika menjadi Polres pertama yang oleh Presiden Joko Widodo  diminta untuk melaporkan situasi Kamtibmas  di Kabupaten Mimika. 

Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata mendapat kesempatan pertama  memberikan laporan secara virtual  langsung kepada presiden Joko Widodo terkait situasi kamtibmas di Kabupaten Mimika. 

Dalam laporannya, Kapolres mengatakan situasi kamtibmas  terkini di Kabupaten Mimika secara  keseluruhan aman dan kondusif.

"Kita diberikan kesempatan langsung melaporkan situasi kamtibmas, bapak presiden tadi menayakan langsung bagaimana  pola penanganan di Timika dan kita menyampaikan  bahwa situasi  Kamtibmas di Mimika aman terkendali," kata Kapolres Era kepada wartawan usai acara peringatan Hari Ulang Tahun Bhayangkara ke 75  di Mako Polres Mimika, Kamis (1/7). 

Era mengatakan dulu  Kabupaten Mimika terkenal dengan tiap minggu kacau namun sekarang  tidak ada gangguan Kamtibmas yang berarti yang terjadi di Kabupaten Mimika. 

Semakin aman dan kondusif Kabupaten Mimika  bukan karena polisi dan TNI tapi karena semua masyarakat mendukung. Masyarakat sudah mulai sadar penting rasa aman, masyarakat juga sudah mulai sadar pentingnya penegakan hukum secara tepat dan terukur.

"Tadi saya juga sampaikan kepada bapak  presiden, pelaksanaan  tugas Satgas yang ada di Timika berjalan secara sinergis. Kadang kita kumpul bersama mengimput data," kata Era. 

Kepada presiden, Kapolres Era juga melaporkan salah satu program inovatif dari Polres Mimika yang dinamakan sebagai pos Peduli Keamanan (Peka) dimana melibatkan secara langsung masyarakat untuk menjaga situasi kamtibmas di wilayah dan lingkungannya masing masing. 

Kepada presiden dirinya menyampaikan bahwa telah bersinergi dengan masyarakat dan mendirikan 109 pos Peka di Kabupaten Mimika. 

"Ada satu program di wilayah Mimika yang saya sampaikan kepada bapak presiden tadi adalah pos  Peka . Untuk menjaga situasi di wilayah kota Timika saat sudah berdiri 109 pos Peka di wilayah mimika.Tiap malam mereka menjaga 5 sampai 10 orang, kalau 5 saja berarti 5 kali 100 itu 500 artinya tiap malam 500 masyarakat menjaga Timika tiap malam, "kata Era. (tim)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika