Main Area

Main

Peringatan Hari Bhakti Imigrasi Untuk Evaluasi Diri

TIMIKA, TABUKANews.com - Kantor Imigrasi Kelas II Tembagapura Timika menggelar acara syukuran Dalam Rangka memperingati Hari Bhakti Imigrasi ke 68 tahun Imigrasi e-Gov Smile yang jatuh pada tanggal 26 Januari kemarin. Acara tersebut berlangsung di kantor Imigrasi jalan C Heatubun, Senin (29/1).

Hadir dalam acara tersebut Kepala Imigrasi Jesaja Samiel Enock, Perwakilan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Mimika, perwakilan Garuda Indonesia Timika Tommy, serta perwakilan dari perusahaan di Timika.

Kepala Kantor Imigrasi Kelas II Tembagapura Jesaja Samuel Enoch saat membacakan amanat dari Mentri Hukum dan HAM RI Yasona Laoli mengatakan, peringatan Hari Bhakti lmigrasi hari ini, perlu dijadikan sebagai momentum yang baik untuk mengintrospeksi diri serta mengevaluasi, dan tidak kala pentingnya adanya sinergis dan saling menguatkan, sehingga peran jajaran lmigrasi Kementerian Hukum dan HAM lebih optimal lagi dalam melaksanakan tugas dan fungsi keimigrasian.

"Acara syukuran ini sebagai momentum untuk introspeksi diri dan evaluasi kinerja," kata Jesaja Enoch saat membacakan amanat Mentri Kumham di kantor Imigrasi Tembagapura jalan C Heatubun, Senin (29/1).

Menurutnya, dia usia ke-68 bukan lagi usia muda, tetapi sudah masuk dalam tahap kedewasaan dan kematangan. Oleh sebab itu jajaran Imigrasi harus terus berinovasi dan bekerja lebih akuntabel dan berpikir revolusioner dan meninggalkan cara-cara konvensional.

"Usia ke 68 bukan usia muda tapi ini usia kematangan," terangnya.

Lanjut Jesaja, dalam kesempatan ini. Ada beberapa hal penting yang disampaikan oleh Menteri Hukum dan HAM yaitu terkait masalah Sinkim Membangun Zona lntegritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM), Profesional, Akuntabel, Sinergis, Transparan, Inovatif (Pasti) Simpatik, Mumpuni, lntegritas, Lugas, dan Empati (Smile) Hilangkan sekat-sekat ego sektoral yang hanya membelenggu.

"Ada beberapa hal penting yang ditekankan oleh Mentri Kumham dengan sebutan Pasti dan Smile yang memiliki kepanjangan dalam pelaksanaan tugas," lanjutnya.

Ia juga berpesan kepada jajaran Imigrasi agar mempergunakan anggaran secara akuntabel, terukur, dan berdampak pada masyarakat. Ia yakin bahwa jajaran lmigrasi akan mampu mewujudkan pelaksanan tugas dan fungsi keimigrasian sejalan dengan disahkannya Peraturan Presiden Nomor 91 Tahun 2017 tentang Percepatan Pelaksanaan Berusaha dalam rangka pengembangan sistem online untuk percepatan penyelesaian perizinan berusaha. 

"Untuk penggunaan anggaran juga harus akuntabel dan berdampak pada masyarakat dengan mewujudkan tugas dan fungsi keimigrasian," pesannya.

Dikesempatan yang sama Kajari Timika Alex Sumarna , SH. MH mengatakan, pihaknya menaruh harapan besar bahwa Imigrasi kedepan lebih baik lagi. Tapi yang dilakukan oleh Imigrasi dan kejaksaan sudah berjalan dengan baik dan perlu ditingkatkan lagi.

"Kerjasama yang dibangun saat ini sudah lebih baik dan kedepannya kalau bisa lebih ditingkatkan lagi," kata Alex.

Menurutnya, Imigrasi merupakan lembaga untuk menangkal masuknya warga negara asing ke Indonesia. Sebab berkaitan dengan kedaulatan.

"Imigrasi merupakan lembaga untuk mengawasi orang asing. Karena brkaitan dengan kedaulatan bangsa," terangnya.

Acara syukuran diakhiri dengan pemotongan tumpeng oleh Kakanim Tembagapura Jesaja Samuel Enoch, SH kepada salah saru pegawao termuda di Kanim Tembagapura. (jrl/dzy/tim)

2018 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika