Main Area

pesparawi xiii
DPRD Kabupaten mimika, Ucapan Maulid Nabi Muhammad SAW 2020
Sekwan DPRD Kabupaten mimika, Ucapan Maulid Nabi Muhammad SAW 2020

Main

Perindo Nyatakan Bacalegnya Sehat Mental

fotoBacaleg dari partai Perindo saat berfoto bersama saat usai menyerahkan berkas persyaratan ke kantor KPU Mimika beberapa waktu lalu

 

TIMIKA, TABUKANews.com - Ketua  DPD Perindo Mimika,  Ir Munawir Yakub MSi menegaskan 100 persen bakal calon (bacaleg) Anggota DPRD Mimika dari Perindo  sehat mental (kejiwaan) untuk mengikuti pesta demokrasi Pemilu 2019 nanti. Hal ini diketahui setelah para bacalegnya mengikuti test kejiwaan yang diselenggarakan KPU Mimika pada Selasa (24/7). 

 

“Untuk kelengkapan Pemilu 2019,  bacaleg kami sudah melaksanakan tes kesehatan rohani atau jiwa di RSJ Abepura, Jayapura.  Kami menyakini hasil tes kejiwaan semua bacaleg kami 100 persen sehat mental,” kata Munawir saat ditemui wartawan di Sekretariat Perindo, Selasa (23/7).

 

Menurut Munawir,   untuk pelaksanaan tes kesehatan jiwa yang disyaratkan dalam PKPU Nomor 20 Tahun 2018, tentang pencalonan anggota DPR,  DPRD Provinsi,  dan DPRD Kabupaten/Kota sudah kita ikuti.  Namun,  pelaksanaan tes kesehatan jiwa ini,  Perindo tidak ikut bersama KPU Mimika,  namun kita lakukan secara kolektif.

 

Pelaksanaan pendaftaran kolektif dilakukan pada  Jumat (20/7)  kemarin.  Sebelum melakukan pemeriksaan,  pihaknya mengisi data yang dibutuhkan.  Termasuk beberapa pertanyaan terkait kesehatan jiwa atau mental para bacaleg.

 

“Alhamdulilah dan Puji Tuhan,  pada saat tes tersebut berkas yang kami bawah lengkap.  Kami mendapatkan kemudahan dari pihak RSJ dalam hal kelengkapan berkas,” kata Munawir.

 

Munawir  mengatakan,  setelah pelaksanaan tes kesehatan jiwa,  pihaknya akan melengkapi kekurangan dokumen bacaleg.  Kekurangan dokumen ini,  hanya terkait legalisir ijazah dari Dinas Pendidikan yang ada belum lengkap. 

 

“Kelengkapan dokumen tinggal legalisir dari dinas saja. Namun kami pastikan dalam waktu 1-3 hari ke depan, semua kelengkapan dokumen bacaleg bisa mencapai 100 persen,”kata dia. 

 

Dia menambahkan,  bacaleg dari parpol lain yang belum melakukan tes kesehatan rohani atau jiwa agar  segera dilengkapi.  Karena hal ini penting dan sudah disyaratkan dalam PKPU Nomor 201 tahun 2018.

 

Dia menuturkan  bagi bacaleg yang belum sempat mengikuti test kejiwaan, saat ini KPU Mimika sedang melakukan test di Timika dan silahkan ikut.   KPU Mimika telah mendatangkan dokter spesialis jiwa,  yang akan memeriksa kesehatan jiwa para bacaleg.

 

“Bagi dokumen kesehatan jiwanya belum lengkap, kami sarankan untuk mengambil kesempatan yang diberikan oleh KPU Mimika. Sebab ini lebih memudahkan teman-teman parpol lainnya, untuk kelengkapan berkas,” terang Munawir. (tim)

DPRD Kabupaten mimika, Ucapan HUT Kab.Mimika
Sekwan DPRD Kabupaten mimika, Ucapan HUT Kab.Mimika
2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika