Main Area

pesparawi xiii

Main

Perindo Mimika Tolak Deklarasi Kampanye Damai

Ketua Perindo H. Munawir Yakub,M,SI dan Ketua DPP Perindo Hari Tanoesudibjo/ foto : dok Tabukanews.com

TIMIKA,TABUKANews.com - Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Partai Perindo Kabupaten Mimika menolak menghadiri Deklarasi Kampanye Damai yang diselenggarakan KPU Mimika di lapangan Timika indah pagi ini, Selasa (20/3).

Ketua Perindo H. Munawir Yakub,M,SI menegaskan hal tersebut saat dikonfirmasi BeritaMimika, Senin malam.

"Partai Perindo Mimika menyatakan menolak segala tahapan pelaksanaan Pilkada yang di selenggarakan KPU, karena kami melihat penyelenggaran dalam pelaksanaan tahapan pilkada ini tidak menjunjung tinggi asas demokrasi dan  terkesan dipaksakan," tegas Munawir.

Menurutnya, tahapan pilkada yang diperankan KPU Mimika sedari awal hingga saat ini terkesan dilakukan seenaknya.

"Coba kita telusuri semua tahapan ini dari awal. Banyak hal mereka lakukan seenaknya dengan berbagai alasan yang dibuat-buat. Ada apa ini? Bandingkan dengan pelaksanaan pilkada di daerah lain. Sangat miris," ujarnya.

Selain itu menurut Munawir pelaksanaan deklarasi damai yang dilakukan hari ini terkesan dipaksakan, padahal ada beberapa persoalan hukum yang belum mampu mereka selesaikan.

"Saat ini ada tiga paslon yang melakukan gugatan dan KPU belum tuntas melaksanakan hal ini. Padahal putusan dalam sidang  bawaslu kemarin harus mereka lakukan dalam tiga hari. Apa hasilnya? Sampai saat ini tidak ada kejelasan," katanya.

Ia juga mengatakan, apa yang dilakoni KPU Mimika saat ini serupa dengan yang dilakukan KPU periode lalu.

"Mereka sama saja. KPU di kabupaten Mimika tidak pernah jujur. Semua masyarakat masih ingat tahapan legislatif kemarin. Saat ini tidak jauh berbeda. Apalagi sudah ada kesan kongkalikong dan pesan sponsor. Semoga KPU sekarang ini diberhentikan DKPP demi tegaknya demokrasi di tanah Mimika sehingga hasil pemilu bisa di berkati Tuhan," terangnya.

Selain itu pasangan calon Eltinus Omaleng-John Rettob (Omtob) yang diusung Perindo sedang melakukan gugatan di PT.TUN Makassar.

Ia menghawatirkan putusan PT.TUN nanti membatalkan semua agenda yang dilakukan KPU Mimika saat ini.

"Sudah jelas kami gugat. Saya sayangkan saja jika putusan PT.TUN membatalkan semua tahapan yang mereka lakukan hingga saat ini. Kasihan pasangan independen yang sudah keluarkan banyak materi hingga hari ini. KPU akan bertanggungjawab atas semua konsekwensi ini. Yang namanya kejujuran dan keadilan pasti menang walau mungkin sedikit terlambat," jelasnya.

Selain Perindo, melalui pesan singkat beberapa partai pengusung Omtob seperti PDI-Perjuangan, Partai Bulan Bintang,  dan partai non seat seperti PPP dan PKS hingga partai baru PSI sudah menyatakan menolak deklarasi kampanye damai yang dilakukan hari ini. (tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika