Main Area

bayar pajak daerah
pesparawi xiii kab mimika
PON XX Papua

Main

Perayaan Natal Berjalan Kondusif Di Timika Berkat TNI Polri dan Masyarakat

Timika, TabukaNews.com – Dalam menjaga situasi keamanan dan ketertiban dalam perayaan natal di Kota Timika atas dukungan masyarakat dalam membantu aparat keamanan TNI Polri sehingga perayaan malam Natal 2020 hingga akhir berjalan  aman Kondusif .
Dalam memberikan rasa aman dan nyaman pada pelaksanaan Natal 2020 bagi umat kristiani dan tahun baru 2021 bagi warga masyarakat terlihat sinergitar aparat keamanan TNI polri bersama unrus elaman masyarakat di kabupaten amimika dalam pengamanan baik di Area Gereja maupun dititik yang dianggap sebagai lokasi rawan tindak kriminal maupun ancaman gangguan Kamtibmas.
Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata mengatakan dalam apel konsulidasi pengamanan natal hingga pergantian tahun  mengatakan bahwa proses agar seluruh yang terlibat dalam pengamanan mengathui fungsi dan tugas dalam melakukan pengamanan apa yang harus dilakukan.
“kita tidak akan mencapai tujuan karena yang hadir disini buka hanya aparat kemanan namun juga ormas dan berbagi elemen manyarakat dalam membantu dalam melaksanakan pengamanan.” Ujar Kapolres. Kamis (24/12).
Sebanyak 650 personel gabungan TNI-Polri dibantu anggota puluhan organisasi kemasyarakatan amankan perayaan ibadah Natal di Timika. Melakukan pengamanan di 14 gereja besar yang ada di Kabupaten Mimika. Sementara gereja lainnya yang tersebar akan diamankan oleh Bhabinkamtibmas, Babinsa dan kelompok pemuda.
Kapolres juga memberikan ultimatum kepada oknum yang sengaja menggangu situasi kemanan di mimika akan ditindak tegas oleh pasukan pengamanan siap untuk bertindak tegas terhadap siapa saja yang mengganggu kamtibmas.
"TNI-Polri siap menghadapi gangguan Kamtibmas yang ada. Tentunya kita berharap agar pelaksanaan ibadah dapat berjalan lancar sampai selesai. Lakukan tindakan tegas terutama pada tindak kriminal," pesannya usai memimpin apel konsolidasi pengamanan.
Senada dengannya, Dandim 1710 Mimika Letkol Inf Yoga Cahya Prasetya mengatakan, sebagai aparat keamanan, sudah seharusnya memberi respon cepat dalam pelayanan masyarakat.
"Ini sesuatu yang baru. Dimana, saudara-saudara kita melaksanakan ibadah di tengah pandemi covid-19. Untuk itu harus kita jaga," imbuhnya.
 Selain pengamanan gereja, sebanyak 850 petugas sudah tersebar melaksanakan operasi lilin di beberapa titik hingga 4 Januari 2021 mendatang.
Selain itu, Legislator DPRD Mimika dari Komisi B, Drs. Tanzil Azharie menjunjung tinggi toleransi antar umat beragama di  kota Timika Kabupaten Mimika, Papua.
Hal ini tercermin saat perayaan Natal yang dilakukan umat Nasrani saat ini sejak ibadah malam Kudus (24/12) hingga misa perayaan Natal  Jumat (25/12) dimana mendapat penjagaan dari komunitas warga agama lainnya bersama aparat TNI-Polri di Mimika.
“Toleransi antar umat beragama di Mimika telah tercipta dengan baik, terbukti dalam perayaan Natal kali ini di kabupaten Mimika, “legislator DPRD Mimika Tanzil Azhari kepada wartawan Jumat, (25/12).
Ia mengakui, kepedulian dan kebersamaan antar warga ini, sebagai bentuk saling menjaga satu sama lain, serta sebagai modal untuk membangun Mimika.
“Kebersamaan antar warga di Mimika yang terjalin solid karena menghargai berbagai perbedaan di antara warga yang majemuk menjadi modal dasar dalam rangka menjaga dan membangun daerah Mimika, “ ungkapnya. (tim)

2021 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika