Main Area

pesparawi xiii
HUT Republik Indonesia Ke 75
HUT Republik Indonesia Ke 75
HUT Republik Indonesia Ke 75

Main

Perayaan Malam Natal di 17 Gereja Dikawal 800-an Personil Gabungan

 

Timika, TabukaNews. com - Sebanyak 800-an personel gabungan yang terdiri dari TNI Polri, Pemda Mimika dan Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) serta paguyuban melakukan pengamanan malam natal di 17 gereja termasuk tempat-tempat keramaian dan mengurai kepadatan lalu lintas.

17 gereja yang dijaga adalah Gereja Katedral Tiga Raja, GKI Diaspora SP2, Gereja St Sisilia SP II, Gereja Amungsa, El Shadi, GKI Marthen Luther, Torsina, St Stefanus Sempan, Eben Haezer, Gereja Kanaan, Pentakostas Serikat, dan Gereja Tiberias Jalan C Heatubun.

Selain itu pengamanan juga dilakukan di Gereja Area Sekitaran Kuala Kencana, Gereja Area Sekitaran Mimika Timur dan Gereja Area Sekitaran Kawasan Pomako.

Kapolres Mimika AKBP I Gede Era Adhinata usai apel bersama mengatakan,  pihaknya memfokuskan pengamanan juga terhadap gereja-gereja yang letaknya jauh dari kota,  yang berlangsung hingga 26 Desember. 

“Pengamanan ibadah natal kita lakukan mulai malam ini (malam natal-red) hingga tanggal 26 (natal kedua-red). Ada 800-an personel gabungan. 200-an sudah stanby di lapangan, sementara 600 ikut apel bersama. Habis ini mereka langsung ke posisi masing-masing yang sudah dibagi,” ujar Kapolres,  Selasa (24/12). 

Pihaknya juga memprioritaskan di gereja-gereja besar yang banyak jemaatnya dan ramai lalu lintasnya. Kita juga amankan di beberapa gereja yang jauh dari keramaian. 

 

Kapolres menambahkan,  keterlibatan semua elemen organisasi masyarakat yang dikomandani Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) merupakan bukti kebihnekaan di Mimika,  dinilai ini sangat sesuai dengan tema natal nasional tahun ini “ kita semua adalah sahabat” 

Pengamanan ini melibatkan semua agama yang dilandasi dengan kesadaran bersama untuk turut membantu menjaga dan mengamankan jalannya ibadah perayaan natal saudara-saudara mereka. 

Selain di gereja-gereja, pengamanan juga dilakukan di beberapa tempat pusat keramaian, pasar, tempat rekreasi hingga pelabuhan dan bandara.

“Selain pengamanan di gereja, kita juga punya pos operasi lilin untuk melayani, mengamankan dan memantau di pusat keramaian, pasar hingga pelabuhan dan bandara. Kita juga ada pos pendukung yakni pos pamswakarsa,” jelasnya.

Beberapa organisasi kemasyarakatan dan kategorial lainnya yang turut terlibat dalam pengamanan natal adalah Dinas Perhubungan, Satpol PP, Orari, Rapi, KKJB, KPK, KKSS, Laskar Mangoni, Senkom, Relawan Baznas, Pramuka, KNPI, Foker dan PMI.(tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika