Main Area

pesparawi xiii
dprd kabupaten mimika

Main

Perangkat Otomatis Hasil Karya 6 Mahasiswa Politeknik Amamapare Timika

Timika,Tabukanews.com - Enam mahasiswa politeknik Amamapare timika berhasil menciptakan dua perangkat otomatis yaitu pengayak pasir dan monitoring tempat sampah otomatis. Hasil karya ini merupakan bagian dari pelaksanaan ujian tutup dari seluruh mahasiswa tingkat akhir Program Studi Diploma 3 pada Politeknik Amamapare Timika.Rabu (22/7)

Pengayak pasir otomatis merupakan hasil karya dari mahasiswa Program Studi Teknik Mesin yang dirancang oleh 3 orang masiswa yaitu Jemilion, Piter dan Yanman. Alat ini akan menyaring pasir dan memisahkan batu secara otomatis, sehingga menghasilkan pasir halus.
Sedangkan untuk monitoring tempat sampah otomatis merupakan hasil karya dari mahasiswa Program Studi Tekni Listrik kosentrasi Informatika, yang dirancang oleh Linda, Anggita, Amin. tempat sampah ini didesain menggunakan mikrokontroller sebagai pengendali utamanya dan dilengkapi dengan modul GSM sehingga dapat mengirimkan pesan kepada petugas kebersihan jika sampah telah penuh.

Direktur Politeknik Amamapare Timika, Herman Dumatubun, ST., MT, mengaku, dengan hasil-hasil karya mahasiswa ini, diharapkan dapat membuka mata Pemerintah Daerah, YPMAK dan lembaga-lembaga adat lainnya, serta seluruh putra-putri di Timika untuk tidak selalu menjadikan kampus-kampus luar timika menjadi pilihan untuk melanjutkan studi kejenjang yang lebih tinggi.


"Karya-karya yang dihasilkan oleh mahasiswa-mahasiswi tingkat akhir ini sangat membanggakan dan tidak kala bersaing dengan mahasiswa yang berada di luar daerah. Kita disini juga memiliki kualitas yang baik, Untuk itu saya berharap agar program beasiswa pendidikan dari Pemerintah Mimika dan lembaga-lembaga adat tidak selalu menjadikan kampus luar Timika sebagai tujuan untuk menyekolahkan anak-anak dari daerah ini, sehingga menghabiskan banyak anggaran yang semestinya bisa mendukung perkembangan kampus-kampus di Timika", kata Herman.

Herman juga menambahkan bahwa Politeknik Tekni Amamapare Timika sudah terakreditasi BAN PT baik institusinya maupun 4 Program Studi yaitu Prodi Teknik Sipil, Teknik Mesin, Tekni Listrik dan Teknik Pertambangan.


"Kampus Politeknik Tekni Amamapare Timika telah terakreditasi BAN PT, akan tetapi kami masih Diploma 3, untuk itu kami berencana tahun depan (2021), seluruh Program Studi ini akan ditingkatkan menjadi S1 atau Sarjana Terapan", kata Herman. (tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika