Peran Penting CSR BUMN di Masyarakat

Peran Penting CSR BUMN di Masyarakat

Timika,TabukaNews.com
Dengan berbagai jaringannya di seluruh Indonesia, gerak BUMN sangat efektif dalam membantu masyarakat. Tidak hanya terkait aktivitas ekonomi, beragam kegiatan sosial pun digerakkan BUMN termasuk melalui program CSR.
Untuk aktivitas ekonomi masyarakat khususnya di Mimika, Anggota Komisi VI DPR RI yang membidangi BUMN, Trifena M.Tinal, kali ini menggandeng PT Pegadaian, untuk memberikan sosialisasi kepada sejumlah pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Mimika tentang manfaat BUMN dalam meningkatkan ekonomi masyarakat.
Sosialisasi dilaksanakan Sabtu (22/1) di Jalan Hasanuddin, Timika. Dimana hadir selaku narasumber adalah Rahmad Fajrin Hidayat, Kepala Unit Pegadaian UPC Karang Senang.
Ini merupakan salah satu upaya mendorong pemanfaatan tanggung jawab sosial perusahaan (corporate social responsibility (CSR) BUMN, agar bisa dioptimalkan untuk mendorong pemulihan ekonomi di masa pandemi.
Kata Trifena, CSR BUMN perlu dioptimalkan untuk mendukung visi pemerintah dalam mempermudah akses untuk masyarakat golongan menengah ke bawah.
“Hal itu bisa dilakukan dengan berbagai program CSR yang berorientasi pada penguatan UMKM serta mendorong pembangunan sarana-prasarana untuk kepentingan masyarakat,” katanya.
Disamping itu, BUMN melalui program CSR nya mempunyai kewajiban untuk membina dengan baik sehingga UMKM sebagai mitra binaannya mendapatkan banyak manfaat.
CSR sendiri telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 40 Tahun 2007 tentang Perseroan Terbatas (PT). Di dalam aturan itu, setiap aktivitas bisnis dan perusahaan berkewajiban membina lingkungan agar berdampak langsung terhadap kesejahteraan masyarakat.
Karenanya, penerapan CSR BUMN pada usaha-usaha produktif akan membantu memulihkan perekonomian masyarakat, terutama mereka yang usahanya mengalami kebangkrutan.
Selama masa Pendemi, UMKM juga merupakan usaha produktif itu telah terbukti mampu menyelamatkan sektor ekonomi Indonesia.
Rahmad dalam sosialisasi tersebut mnyemapaikan berbagai program Pegadaian yang dapat diakses oleh pelaku UMKM, bahkan dengan Bungan 0 persen. Selain itu pegadaian juga tiak mempersulit masyarakat mengenai persyaratan administrasi.
“Cukup KTP saja dan barang yang hendak digadai,” katanya Rahmad.
Sementara itu, Grace, dalam kesempatan itu juga menyampaikan, sosialisasi ini dilaksanakan oleh Trifena Tinal, sebagai bentuk dukungan terhadap program pemerintah dan dalam rangka mendukung UMKM dalam mengembangkan usahanya. Karena itu, Grace berpesan agar para peserta sosialisasi bisa mengikuti dengan baik, apa yang telah disampaikan, seingga bisa bermanfaat.
“Jadi kalau bapak ibu ada kendala soal dana dalam menjalankan usaha, Pegadaian tadi sudah jelaskan benyak programnya. Alau ada perhiasan emas, atau BPKB kendaraan, dari pada menganggur, bisa digadai, untuk usaha, yang penting konsisten dengan pengembaliannya, karena resikonya jaminannya,” tutupnya.
Sosialisasi diakhiri dengan sesi foto bersama. (**)

Idul Fitri 1 Syawal 1443 H

dprd kabupaten mimika
keluarga johannes rettob
bpkad kabupaten mimika
kesbangpol kabupaten mimika
perhubungan kabupaten mimika
dprd kabupaten mimika
tanaman pangan kabupaten mimika
pendapatan daerah kabupaten mimika
tp-pkk kabupaten mimika
kampung nawaripi

Tentang Kami

Memberikan informasi yang benar karena kami Berpihak Pada Kebenaran yang Jernihnya Nyata