Main Area

pesparawi xiii

Main

Penyusunan DPA APBD 2020 Hampir Rampung

Timika, Tabukanews.com, Pejabat (Pj) Sekda Mimika Marthen Paiding mengatakan penyusunan Dokumen Pelaksana Anggaran (DPA) APBD Mimika tahun anggaran 2020 hampir rampung. Jika sudah final, DPA akan diserahkan Bupati kepada masing-masing OPD selaku pengelola anggaran. 

"DPA ini mungkin satu dua hari sudah jadi, kami sudah rapatkan untuk difinalkan kemudian proses diprint. Dalam satu sistem tidak bisa diprint satu-satu jadi kalau ada satu OPD yang belum beres RKAnya ini akan mengganggu semuanya," kata Marthen di ruang kerjanya, Selasa (7/1).

Ia menyatakan, pihaknya tidak bisa memutuskan kapan diserahkan karena menunggu Bupati Eltinus Omaleng.

 

"Kapan pak Bupati mau serahkan yah terserah beliau. Kalau ada mandatnya beliau serahkan kepada pejabat yang lain yah tidak ada masalah yang penting RKAnya sudah siap," tuturnya.

Marthen menegaskan OPD tidak harus menunggu DPA jika kegiatan fisik yang bisa dilakukan pelelangan atau tender segera dilakukan. Apalagi mengacu APBD 2019 banyak kegiatan tidak terselesaikan.

“Bagi OPD yang tidak melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya dengan baik, itu  menjadi penilaian tersendiri dari Pimpinan  terhadap pimpinan OPD, dan ini yang akan menjadi bahan  evaluasi kita,” tegasnya.

Marthen menambahkan, semua kegiatan yang dilaksanakan itu merupakan ukuran kinerja dari seorang pimpinan OPD.OPD wajib melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang telah dialokasikan dalam DPA. 

"Semua kegiatan OPD tercover dalam DPA, jika tidak dilaksakan maka itu jadi ukuran bagi kinerja pimpinan OPD tersebut," ungkapnya. 

“Karena sebetulnya begitu APBD ditetapkan dan RKA ditetapkan DPA sudah ada, karena pada saat penetapan RKA itu mengacu pada usulan dari OPD yang nantinya  akan dimasukkan dalam DPA. Tentunya OPD sudah mengetahui terlebih dahulu, jadi tidak ada asalan harus menunggu DPA baru semua program dilaksanakan,” ujarnya.(Tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika