Main Area

pesparawi xiii

Main

Penyerahan Lapak Pasar Sentral Berdasarkan Undian

 Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Mimika Bernadinus Songbes/Foto:Ricky Lodar-Tabukanews. com

Timika, Tabukanews.com - Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Mimika Bernadinus Songbes mengatakan, untuk mengurangi adanya kecemburuan terhadap para pedagang, pihaknya akan menyerahkan lapak yang berada di Pasar Sentral kepada para pedagang berdasarkan nomor undian yang disesuaikan dengan jumlah lapak yang disediakan oleh pemerintah.

"Jadi lapak-lapak yang berada di dalam bangunan ini akan diserahkan kepada para pedagang berdasarkan undian," kata Bernadinus Songbes ketika ditemui di Pasar Sentral, Jumat (12/7).

Ia menjelaskan, pembagian lapak harus berdasarkan undian yang mana nomor-nomor undian tersebut berdasarkan jumlah lapak yang tersedia.

Semua pedagang bisa menerimanya sebab banyak pedagang yang menginginkan berada di lapak yang paling depan atau berada di pinggir jalan sehingga sangat mudah dijangkau oleh para pembeli.

"Karena kita tidak bisa menempatkan para pedagang begitu saja karena banyak yang tidak akan menerima," jelasnya.

Sementara itu terkait dengan pagar Pasar Sentral yang dibobol oleh warga sebagai akses Jalan. Kata Songbes, kesalahan tersebut terjadi pada masa kepala kepala dinas terdahulu sehingga sangat sulit untuk mau ditertibkan, namun belum terlambat untuk melakukannya.

Saat ini pihaknya berencana untuk mengusulkan dalam APBD tahun 2020 sehingga pagar-pagar yang dibobol tersebut bisa ditutup kembali artinya untuk penataan pasar bukan hanya untuk para pedagang dan lapak tetapi fasilitas lainnya berupa brainly pagar jalan dan sebagainya.

"Jadi kemarin itu kita coba mengusulkan anggaran tetapi belum diakomodir mudah-mudahan dengan penataan pasar ini pagar pagar itu bisa untuk tutup," ungkapnya. (Jrl).

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika