Main Area

pesparawi xiii

Main

Penyelenggara Pemilu Diminta Untuk Netral

Ketua DPRD Kabupaten Mimika, Elminus Mom/ Foto : Istimewa


TIMIKA, TABUKANews.com - Ketua DPRD Kabupaten Mimika, Elminus Balinol Mom meminta kepada lembaga penyelenggara pemilihan umum, baik untuk pemilihan presiden (Pilpres) maupun pemilihan anggota legislatif (Pileg) Kabupaten Mimika pada tanggal 17 April mendatang, untuk bersikap netral tanpa melakukan intervensi pada proses pemilihan, hingga pada hasil perolehan suara.

Saat ditemui wartawan di Kwamki Narama, SRabu, (7/3), Elminus mengatakan, bahwa pengelanggara Pemilu yang dimulai dari KPU, Bawaslu, Panwaslu, KPPS serta para ketua RT untuk tidak melakukan tindakan yang melanggar hukum, yakni melakukan tindakan kecurangan demi kepentingan oknum tertentu.

“Kami minta kepada semua penyelenggara untuk tidak main mata dengan oknum-oknum tertentu. Biarlah presiden maupun anggota DPRD yang terpilih adalah benar-benar yang dipilih oleh rakyat. Jadi stop intervensi jalannya proses pemilihan. Kalau suara sekian di TPS, itu juga yang harus diplenokan ditingkat akhir,” tuturnya.

 Juga diminta kepada aparat keamanan yang telah ditentukan oleh negara dalam mengamankan tahapan pesta demokrasi tersebut untuk bisa bertindak adil sesuai dengan porsi mereka.

“Apabila terjadi unsur pelanggaran, dan pihak penyelanggara membutuhkan bantuan, maka aparat keamanan harus siaga, karena mereka telah mendapatkan anggaran tersendiri dalam pemilu ini,” ungkapnya.

Ia berharap agar ratusan calon anggota legislatif (Caleg) yang maju bertarung untuk memperebutkan 35 kursi DPRD Kabupaten Mimika, untuk mempunyai mental kesatria. Dalam arti, mereka harus siap kalah dan menang.

“Kalau kalah harus terima. Kalau menang ya disyukuri. Kita terpilih karena memang rakyat murni pilih kita. Oleh sebab itu, penyelenggara pemilu harus netral,” imbuhnya. (Tim)

2020 TabukaNews.com | Designed by Putra Timika Informatika